Find Us On Social Media :

Mengenal Istilah “Cabin Fever” Saat #Dirumahaja, Bagaimana Gejala dan Cara Mengatasinya?

By Devi Agustiana, Senin, 13 April 2020 | 17:53 WIB

Ilustrasi. Cabin fever atau demam kabin bisa digambarkan sebagai suatu kondisi di mana seseorang merasa gelisah ketika terjebak dalam ruangan tertutup yang terbatas dalam jangka waktu yang lama.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Pandemi virus Corona yang terjadi di hampir seluruh dunia membawa banyak perubahan bagi manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Salah satu yang paling terasa adalah imbauan bahkan larangan berkegiatan di luar rumah, sehingga segala sesuatu sebisa mungkin diselesaikan #dirumahaja.

Mulai dari makan, olahraga, istirahat, belajar, bahkan bagi mereka yang memungkinkan, bekerja pun diminta untuk dilakukan dari rumah saja.

Untuk minggu-minggu pertama, bekerja dari rumah dan melakukan banyak kegiatan bersama dengan keluarga di rumah masih menyenangkan.

Baca Juga: Serba-serbi Kartu Prakerja yang Wajib Diketahui, Intip 4 Poin Pentingnya di Sini

Tapi bagaimana bila imbauan atau perintah untuk tinggal di rumah itu berlangsung dalam waktu yang relatif lama?

Hal itu ternyata bisa memengaruhi kesehatan mental seseorang dan menimbulkan satu gangguan yang disebut sebagai cabin fever atau demam kabin.

Apa itu demam kabin?

Cabin fever atau demam kabin bisa digambarkan sebagai suatu kondisi di mana seseorang merasa gelisah ketika terjebak dalam ruangan tertutup yang terbatas dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Jangan Panik Terkena PHK Massal Akibat Corona, Begini Tips Cara Atur Keuangan Setelahnya

Nama demam kabin sebenarnya berasal dari masyarakat Amerika Utara di masa lalu, yang banyak terjebak di kabin kayu milik mereka saat tiba musim dingin yang panjang.