Find Us On Social Media :

Belum Banyak yang Tahu, Inilah Nutrisi Penting untuk Dukung Tumbuh Kembang Anak

By Sheila Respati, Senin, 13 April 2020 | 18:39 WIB

Pertumbuhan anak akan optimal bila orangtua mendukung kebutuhan nutrisinya

Grid.ID – Pertumbuhan dan perkembangan otak anak sudah dimulai sejak ia masih dalam kandungan dan berlanjut hingga 1.000 hari pertama kehidupannya.

Seperti diketahui, otak merupakan sistem saraf pusat yang mengendalikan kemampuan seseorang, mulai dari motorik hingga kognitif.

Maka dari itu, guna mengoptimalkan tumbuh kembang anak, orangtua wajib memenuhi segala asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa nutrisi penting yang dibutuhkan anak saat masa emasnya.

Asam lemak esensial (omega 3, 6 dan 9)

Omega 3, 6, dan 9 merupakan golongan asam lemak esensial yang berperan penting dalam perkembangan sel, fungsi otak dan saraf, produksi hormon, serta respon imun.

Baca Juga: Ini Dia 10 Nutrisi Penting yang Baik Untuk Perkembangan Otak Si Kecil Menurut Dokter, Orangtua Harus Tahu nih!

Penelitian di Inggris yang dilansir Kompas.com, Kamis (2/5/2013) menunjukkan, anak-anak dengan kebutuhan asam lemak esensial terpenuhi memperlihatkan nilai lebih tinggi saat ujian membaca dan perbaikan pada keseluruhan perilaku mereka.

Konsumsi asam lemak esensial secara cukup per harinya, yakni 0,5 gram untuk omega 3 dan 4,4 gram untuk omega 6 sangat dianjurkan bagi bayi berusia di atas enam bulan. Porsi ini perlu ditingkatkan seiring anak bertambah usia.  

AA dan DHA

Arachidonic acid (AA) dan Docosahexanoid acid (DHA) sebenarnya masih dalam golongan asam lemak esensial.

Fungsinya pun serupa, yakni untuk mengoptimalkan pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi visual atau indera penglihatan.