Find Us On Social Media :

Bukan Orang Sembarangan! Ternyata Ini Latar Belakang Ika Dewi Maharani, Satu-satunya Wanita yang Jadi Relawan Sopir Ambulans Pasien Covid-19

By Devi Agustiana, Jumat, 17 April 2020 | 11:15 WIB

Petugas memindahkan mobil ambulans di samping ruang isolasi RSPI Prof. Dr. Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, (5/3/2020).

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Ika Dewi Maharani, satu-satunya sukarelawan medis perempuan di bawah naungan Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yang bertugas sebagai supir ambulans.

Telah kita ketahui bersama, angka kasus Covid-19 di Jakarta semakin meningkat, ditambah dengan jumlah petugas ambulans yang kurang memadai.

Hal itu menguatkan tekad Ika untuk menjadi supir ambulans.

Baca Juga: Berani Bohongi Petugas Medis, Kuli Bangunan ini Ternyata Positif Covid-19, Puluhan Tenaga Medis Kena Apesnya

“Dengan keahlian yang saya miliki, saya bisa menyetir, saya basic perawat, jadi pas saya sesuai dengan panggilan hati, dengan kemampuan yang saya punya, saya harus melayani,” ujar Ika dalam konferensi pers secara daring di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (16/4).

Ika berasal dari Maluku Utara dan tergabung dalam sebuah asosiasi profesi perawat Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI).

Ia berkuliah di Surabaya, saat ini menjalani hidup di mess yang disediakan BNPB, serta bertugas di rumah sakit Universitas Indonesia.

Baca Juga: Hampir 50 Tenaga Medis RS Kariadi Semarang Positif Covid-19, Ganjar Sampai Kebingungan

Menangani pasien di rumah sakit menjadi hal biasa bagi Ika, namun mengantarkan pasien ke rumah sakit menjadi persoalan lain.

Dia mengaku menjadi sopir ambulans merupakan pengalaman pertama dalam hidupnya.