Find Us On Social Media :

Kondisi Wabah Corona di Negara-negara yang Katanya Tersehat di Dunia, Ada yang Tidak Menerapkan Lockdown sampai Masih Terbatasnya Layanan Kesehatan

By Devi Agustiana, Selasa, 21 April 2020 | 21:00 WIB

Para petugas dilengkapi pakaian pelindung menyemprotkan cairan desinfektan di sebuah pasar di daerah Daegu, Korea Selatan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.IDNegara-negara di dunia masih terus bertarung melawan pandemi virus corona yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir.

Negara saling bahu-membahu mengatasi covid-19 yang semakin menjadi-jadi.

Diantaranya Pemerintah Amerika Serikat memberikan bantuan kesehatan ke Indonesia senilai 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 37,6 miliar untuk menangani Virus Corona atau Covid-19.

Dalam pernyataan tertulis yang dirilis Kedutaan Besar AS di Jakarta disampaikan, bantuan kesehatan digunakan untuk mempersiapkan sistem laboratorium, mengaktifkan penemuan kasus dan pengawasan berbasis kejadian, serta mendukung ahli teknis dalam respons dan kesiapsiagaan.

Adapun keberhasilan dalam melawan virus ini sebagian besar bergantung pada sistem perawatan kesehatan di setiap negara.

Sejauh ini, ada korelasi nyata antara kemampuan suatu negara untuk menahan virus dengan peringkat sistem perawatan kesehatan dari negara tersebut.

Baca Juga: Kacau dan Bandel Saat Masih Kecil, Baim Wong Kini Berubah Jadi Pria Hebat, Sang Ayah: Berkat Doa Mama!

Salah satu indeks pemeringkatan kesehatan dilakukan oleh lembaga kajian di London pada 2019 yaitu Legatum Prosperity Index.

Indeks ini mengukur kebijakan dan kondisi kesejahteraan ekonomi sosial berdasarkan 12 pilar di 167 negara.

Pilar kesehatan dari indeks ini secara khusus mengukur sejauh mana kesehatan orang-orang di setiap negara dan akses terhadap layanan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan.

Adapun 10 negara peringkat teratas pada indeks tersebut yaitu: