Find Us On Social Media :

Tidak Banyak Dikenal Orang! Inilah 4 Tokoh Pejuang Perempuan yang Sama Hebatnya dengan Kartini, Ada Seorang Jurnalis hingga Pernah Dipenjara

By Devi Agustiana, Rabu, 22 April 2020 | 08:51 WIB

Maria Walanda Maramis dan Hj. Rangkayo Rasuna Said.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – R.A. Kartini dikenal sebagai pahlawan perempuan Indonesia yang berjuang mengangkat derajat kaumnya.

Perempuan yang lahir di Jepara pada 21 April 1879 ini aktif memperjuangkan kesetaraan hak perempuan yang sebelumnya hanya dipandang sebagai "pendamping" laki-laki.

Berkat kegigihannya, dia mendirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini (Sekolah Kartini) di Semarang pada tahun 1912, kemudian menyusul Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya.

Baca Juga: Pakai Masker Batik dan Didampingi Aparat, Cinta Laura Rayakan Hari Kartini di Tengah Pandemi Corona: Kartini-Kartini Masa Kini Bersama Lawan Covid-19

Dalam kungkungan adat Jawa yang dinilai tidak berpihak kepada perempuan, ia tetap rajin belajar dan menulis surat kepada rekan-rekannya di Eropa.

Surat-surat tersebut berisikan pemikiran-pemikiran Kartini tentang kondisi sosial saat itu dengan harapan dan keinginan akan perubahan.

Hingga kemudian surat-surat tersebut dikumpulkan menjadi beberapa buku, salah satunya berjudul "Habis Gelap Terbitlah Terang.”

Selain Kartini, ada beberapa tokoh perempuan Indonesia yang memperjuangkan hak-hak bagi kaumnya.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini dengan Unggah Foto Lawasnya, Intip Cantiknya Tasya Kamila Kenakan Kebaya Saat Hari Kelulusannya dari Universitas Columbia!

Para perempuan ini gigih memperjuangkan kesetaraan hak perempuan terutama di bidang pendidikan.

Lantas, siapa saja mereka?