Find Us On Social Media :

Takut Tetangganya Sampai Tak Makan Akibat Corona, Seorang Ibu Rumah Tangga di Jogja Ikut Bantu Lewat Gerakan 'Gantung Makanan': Kalau Ada yang Sampai Kelaparan kan Saya Ikut Dosa!

By Arif Budhi Suryanto, Selasa, 5 Mei 2020 | 18:05 WIB

Ardiati saat menggantung plastik berisi sembako di depan rumahnya di Kabupaten Sleman Yogyakarta

Laporan Wartawan Grid.ID, Arif Budhi Suryanto

Grid.ID - Pandemi corona membuat kondisi perekonomian menjadi semakin sulit.

Tak sedikit orang yang di rumahkan atau bahkan berakhir dengan pemutusan hubungan kerja sebagai dampak dari corona.

Hal inilah yang kemudian memicu sebuah gerakan solidaritas antar warga yang disebut 'gantung makanan'.

Ardiati (53) misalnya, seorang ibu rumah tangga asal Yogyakarta ini sudah sedari pagi menata plastik berisi bahan pangan di kayu pinggir jalan.

Plastik-plastik yang berisi beras, telur, minyak goreng, dan lain-lain itu digantung Ardiati dengan maksud membantu sesama meski dalam kondisi psysical distancing.

Baca Juga: Terima Tawaran Nyanyi Bareng Didi Kempot dan Sudah Bayangkan Bakal Nyanyi Sepanggung, Yuni Shara Ungkap Patah Hatinya Usai Ditinggalkan The Godfather of Broken Heart

"Saya belanja awal itu Rp 200 ribu, waktu itu, mie, gula jawa, ada telur, ada minyak goreng,"

"Hari pertama itu empat plastik (yang digantungkan di depan rumah)," ungkap Ardiati seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Tak butuh waktu lama, bungkusan makanan yang di gantung di tiang dengan tulisan 'Gratis, semonggo bagi yang membutuhkan' (Gratis, silahkan bagi yang membutuhkan) itu langsung ludes diambil oleh orang.

Aksi yang dilakukan Ardiati lama kelamaan memicu tetangganya untuk melakukan hal serupa.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Penyanyi Rendah Hati dan Bersahaja, Didi Kempot Sempat Buat Lagu Terakhirnya yang Bertema Lawan Covid-19 Seminggu Sebelum Meninggal Dunia!