Find Us On Social Media :

Mengenal Jang Hansol, YouTuber Korea yang Ungkap Video Viral Jenazah ABK Indonesia Dilempar ke Laut

By Devi Agustiana, Kamis, 7 Mei 2020 | 12:30 WIB

Jang Hansol

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Sebuah video yang dipublikasikan oleh media Korea Selatan memperlihatkan bagaimana jenazah Anak Buah Kapal (ABK) asal Indonesia yang bekerja di kapal Tiongkok dilempar ke tengah laut.

Video yang dirilis oleh stasiun MBC itu diulas oleh Youtuber Jang Hansol di kanal Youtubenya, Korea Reomit, Rabu waktu setempat (6/5/2020).

Dalam video itu, kanal MBC memberikan tajuk "Eksklusif, 18 jam sehari kerja. Jika jatuh sakit dan meninggal, lempar ke laut".

Baca Juga: Ikut Merasa Prihatin dengan Kasus Virus Corona di Indonesia, Youtuber Korea Selatan Jang Hansol Sumbangkan Rp 50 Juta: Ini Bukan Nominal yang Kecil Buat Aku, Tapi Aku Rasa Lebih Berarti Ketika Aku Bagikan

"Video yang akan kita lihat habis ini adalah kenyataan pelanggaran HAM orang Indonesia yang bekerja di kapal China," ujar Hansol menirukan penyiar tersebut.

Dalam video itu, disebutkan MBC mendapatkan rekaman itu setelah kapal tersebut kebetulan tengah bersandar di Pelabuhan Busan.

Hingga kini, video Jang Hansol tersebut masih bertengger di trending satu Youtube Indonesia dan sudah ditonton 1.9 juta kali.

Dalam video itu, dia menceritakan ulang berita dari MBC tentang perlakuan tidak manusiawi yang dialami sejumlah ABK asal Indonesia di kapal nelayan berbendera Tiongkok.

Baca Juga: Kamera dan Lampu Mati Sampai Munculnya Sosok Hantu Kembar, Inilah Deretan Kejadian Horor yang Meneror Jang Hansol dan Para Editor Korea Reomit

Sebagaimana diketahui, Jang Hansol merupakan YouTuber terkenal Indonesia yang berasal dari Korea Selatan.

Dia selalu menggunakan bahasa Indonesia dengan logat Jawa yang sangat medok.