Find Us On Social Media :

Cerita Warga yang Geger Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jawa Tengah, Begini Penjelasan dari LAPAN : Suara Bersumber dari Sumber Lokal..

By None, Selasa, 12 Mei 2020 | 12:39 WIB

Cerita Warga yang Geger Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jawa Tengah, Begini Penjelasan dari LAPAN : Suara Bersumber dari Sumber Lokal..

Grid.ID - Suara dentuman misterius muncul pada Senin (11/5) dini hari.

Dentuman tersebut membuat geger masyarakat pada beberapa wilayah di Jawa Tengah.

Suara dentuman itu terdengar di beberapa wilayah di antaranya Solo, Sragen hingga Pati.

Suara dentuman misterius yang terdengar di hampir seluruh wilayah Jawa Tengah diprediksi bukan dari aktivitas benda langit seperti asteroid yang dikabarkan mendekati bumi.

"Tidak (bukan asteroid)," ujar Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin saat dihubungi Tribunnews, Senin (11/5/2020).

Ia mengatakan suara dentuman misterius yang didengar sebagian besar warga di Jawa Tengah bukan berasal dari aktivitas benda langit.

"Suara dentuman itu tidak ada yang bersumber dari langit yang bisa didengar dari banyak wilayah," kata Thomas.

Baca Juga: Warga Jawa Tengah Dengar Dentuman Misterius Hingga Bikin Jendela Bergetar, Rupanya Mbah Mijan Dapat Firasat Beberapa Jam Sebelumnya: Tiba-tiba Dibangunin

Thomas menduga suara dentuman tersebut sumbernya dari wilayah terdekat alias lokal.

"Suara bersumber dari sumber lokal," ujarnya.

Dia juga menjelaskan asteroid memiliki jarak yang sangat jauh, melebihi jarak antara Bumi dan Bulan. Jadi tidak ada kaitan suara dentuman dengan asteroid seperti yang dikabarkan belakangan ini akan mendekati bumi.

Sebagian besar warga yang ada di wilayah Jawa Tengah dihebohkan suara dentuman misterius.