Find Us On Social Media :

Dukung Daya Hidup Pers Nasional Selama Pandemi Corona, Asosiasi Perusahaan Media Mendorong Pemerintah RI untuk Memberikan Insentif Ekonomi Bagi Pers

By None, Kamis, 14 Mei 2020 | 15:10 WIB

Grid.ID - Keberhasilan menanggulangi pandemi Covid-19 ditentukan oleh keberhasilan dalam menangani komunikasi.

Sebaliknya, pengalaman banyak negara menunjukkan bahwa kegagalan menangani pandemi Covid-19 juga banyak disebabkan oleh kecenderungan meremehkan aspek-aspek komunikasi publik terkait dengan situasi krisis yang sedang terjadi.

Dalam konteks ini, media massa telah bersikap profesional menjalankan fungsinya.

Baca Juga: Tepok Jidat Beli Oreo Supreme Harga Rp 500 Ribu Cuma Dapat 3 Biji, Youtuber Rachel Goddard Kaget Saat Cicipi Rasa Makanan Sultan: Apakah Gue Udah Berubah Jadi Nagita Slavina?

Masyarakat membutuhkan informasi terkini soal pandemi Covid-19 berikut analisis terpercaya yang dapat dijadikan sebagai pijakan untuk menilai situasi dan memutuskan tindakan antisipatif.

Tanpa bermaksud mengabaikan kelemahan yang ada, ruang pemberitaan media massa/pers lah yang menyajikan informasi dan analisis tersebut.

Pers juga berperan menjembatani proses komunikasi dan arus informasi, sehingga masyarakat terhindar dari simpang-siur tentang skala penyebaran virus maupun wacana yang asimetris tentang tingkat kegentingan situasi.

Industri Media adalah satu dari sedikit sektor yang tetap harus bekerja dalam situasi krisis belakangan ini.