Find Us On Social Media :

Pintar Atur Strategi Pemasaran Jadi Kunci Sukses Dalam Bisnis Online

By Nana Triana, Sabtu, 16 Mei 2020 | 14:55 WIB

Ilustrasi bisnis online.

Grid.ID - Memulai bisnis baru, bukanlah sesuatu hal yang mudah. Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi untuk bisa mewujudkan mimpi sebagai seorang pengusaha sukses.

Selain menentukan produk, strategi pemasaran juga menjadi salah satu hal penting yang patut di pertimbangkan saat hendak terjun ke dunia wirausaha.

Seiring pesatnya perkembangan teknologi di era digital, mendorong seluruh aktivitas dilakukan secara online. Termasuk dalam membeli kebutuhan sehari-hari.

Berdasarkan data terbaru We Are Social pada 2020 disebutkan bahwa ada 175,4 juta orang pengguna internet di Indonesia. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, ada kenaikan sebesar 17 persen atau sekitar 25 juta orang pengguna internet di negeri ini.

Sehingga saat ini strategi digital marketing, dinilai lebih prospektif karena memungkinkan para calon pembeli untuk memperoleh segala macam informasi mengenai produk yang ia butuhkan serta bisa bertransaksi langsung secara online.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Smartphone untuk Menunjang Bisnis Online

Tentunya hal tersebut membuka peluang untuk mengembangkan atau merintis sebuah usaha agar meraih omzet yang memuaskan. Berkat adanya digital marketing tidak sedikit perempuan yang sukses menjadi seorang pengusaha.

Salah satunya ialah Helianti Hilman, ia memanfaatkan kemajuan teknologi untuk membuat jangkauan bisnisnya lebih luas, dan cara tersebut terbukti berhasil meningkatkan penjualan melalui ekspor ke berbagai negara di dunia.

Namun agar efektif dalam memanfaatkan platform digital untuk sarana promosi, ada beberapa pengetahuan yang wajib kita ketahui agar bisnis yang kita jalankan berjalan secara maksimal.

WeLearn Online Training yang diinisiasi UN Women, Kamis (14/5/2020) memberi tips dan pengetahuan seputar pemasaran digital melalui Webinar via aplikasi Zoom.

Tentukan segmentasi pasar

Menentukan segmentasi pasar merupakan hal yang penting dilakukan saat memulai sebuah usaha. Hal ini dilakukan untuk mengetahui produk yang kita tawarkan sesuai atau tidak dengan pangsa pasar hendak kita tuju.