Find Us On Social Media :

Dapat Julukan Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto, Begini Kehidupan Ir.Sutami yang Sesungguhnya, Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer Hingga Tinggal di Rumah Cicilan

By None, Senin, 25 Mei 2020 | 19:10 WIB

Dapat Julukan Menteri Termiskin Era Soekarno dan Soeharto, Begini Kehidupan Ir.Sutami yang Sesungguhnya, Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer Hingga Tinggal di Rumah Cicilan

Grid.ID - Zaman sekarang, banyak orang yang berebut posisi menjadi menteri.

Kehidupannya semakin mewah dengan gaji fantastis dan fasilitas negara yang memadai.

Namun tidak untuk Ir Sutami.

Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik era Presiden RI ke-1 Ir Soekarno dan Presiden Ri ke-2 Soeharto ini terkenal dengan hidupnya yang sederhana.

Ir. Sutami lahir di Surakarta 19 Oktober 1928.

Jenjang pendidikannya tergolong oke, ia sekolah di SMA Negeri 1 Surakarta dan melanjutkan kuliah di ITB sampai meraih gelar Insinyur.

Baca Juga: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Sebut Covid-19 Membawa Banyak Hal Positif, Nadiem Makarim Prediksi Masyarakat Akan Lebih Menghargai Berbagai Perubahan yang Terjadi!

Memang sudah suratan takdir bagi Sutami, sejak era Kabinet Dwikora tahun 1964, dirinya sudah diangkat menjadi Menteri Negara diperbantukan pada Menteri Koordinator Pekerjaan Umum dan Tenaga untuk urusan penilaian konstruksi oleh Presiden Soekarno.

Kariernya berlanjut dengan mengisi posisi yang sama pada Kabinet Dwikora II tahun 1966.

Selama menjabat sebagai seorang menteri, Sutami adalah orang yang sangat sederhana dan memiliki kepercayaan dari Soekarno dan Soeharto.

Dia menjabat sebagai menteri selama 14 tahun sejak 1965 hingga 1978.

Belasan tahun menjabat sebagai menteri, Sutami tetap menjaga kesederhanaannya.