Find Us On Social Media :

Bukan Budaya Asli Pribumi, Ini Asal Muasal Tradisi Membagikan Uang saat Lebaran yang Sudah Mendarah Daging di Indonesia

By Devi Agustiana, Selasa, 26 Mei 2020 | 15:18 WIB

Ilustrasi. Salah satu tradisi pada hari Lebaran dan yang biasanya ditunggu oleh anak-anak adalah mendapatkan uang dari kerabat saat bersilaturahim.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Setelah sebulan berpuasa dan berperang melawan hawa nafsu, umat muslim di seluruh dunia merayakan hari kemenangan, yaitu Hari Raya Idul Fitri.

Sebagai negara dengan jumlah muslim terbanyak di dunia, Indonesia ternyata punya tradisi unik untuk merayakan hari raya.

Tradisi ini hanya bisa ditemukan saat Idul Fitri sehingga membuatnya sangat ditunggu-tunggu setiap tahun.

Baca Juga: Nekat Ngesot di Zebra Cross, Seorang Pengemis Akhirnya Ketahuan Berbohong, Ia Berdiri dan Langsung Lari Saat Melihat Anggota TNI Lewat!

Nah, salah satu tradisi pada hari Lebaran dan yang biasanya ditunggu oleh anak-anak adalah mendapatkan uang dari kerabat saat bersilaturahim.

Anak-anak sudah cukup senang apabila uang yang didapatkan tersebut uang yang masih baru, meskipun nominalnya tidak terlalu besar.

Menarik untuk mengetahui sejak kapan tradisi tersebut ada dan apa makna di dalam tradisi membagikan uang saat Hari Raya tersebut.

Kepala Program Studi Indonesia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, Sunu Wasono mengatakan, tradisi membagikan uang saat Hari Raya menurutnya sudah ada sejak lama.

Baca Juga: Tabungan Olga Syahputra Senilai Rp 1,5 Miliar Mendadak Raib, Billy Syahputra Kini Malah Berniat Jual Rumah yang Dibangun dengan Tetesan Keringat sang Kakak Semasa Hidup: Ini Berat untuk Keluarga Billy...

Namun, dia tidak mengetahui secara pasti kapan tradisi tersebut bermula.

Menurutnya, ada kemungkinan tradisi memberikan uang baru itu terpengaruh oleh budaya China, yaitu memberikan angpao seperti saat Tahun Baru Imlek.