Find Us On Social Media :

Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Rhoma Irama: Harus Ada Simbiosis Mutualisme Sehingga Melahirkan Karya yang Bermanfaat untuk Bangsa

By Annisa Dienfitri, Senin, 1 Juni 2020 | 17:00 WIB

Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Rhoma Irama: Harus Ada Simbiosis Mutualisme Sehingga Melahirkan Karya yang Bermanfaat untuk Bangsa

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Pandemi Covid-19 membuat musisi hampir di seluruh dunia, termasuk di Tanah Air, dihadapkan pada tantangan tetap melahirkan karya meski terbentur keterbatasan.

Tak terkecuali sang Raja Dangdut, Rhoma Irama, yang harus mengasah kreativitasnya lebih keras agar mampu melahirkan karya di tengah pandemi.

Dalam tayangan YouTube Sandiuno TV yang diunggah Kamis (14/5/2020) lalu, Rhoma Irama menuturkan caranya melahirkan karya di tengah keterbatasan.

Baca Juga: Bangun Rumah Gedongan Hasil Jerih Payah Jadi Biduan, Begini Penampakan Ruang Tamu Inul Daratista yang Punya Akuarium Raksasa

Tak ditampik, Rhoma mengakui bahwa proses melahirkan sebuah karya musik tak terjadi begitu saja tanpa dukungan dari pihak lain.

"Karya itu kan membutuhkan elemen-elemen lain, misalnya kita butuh produser, butuh media, televisi," ujar Rhoma seperti Grid.ID kutip.

Karenanya, penting bagi Rhoma untuk tetap bersinergi dan melakukan kerja sama demi melahirkan karya musik, terlebih yang bermanfaat bagi negeri.

Baca Juga: Goyangannya Pernah Disebut Merusak Moral Bangsa, Inul Daratista Beberkan Hal Positif Saat Berseteru dengan Rhoma Irama 17 Tahun Lalu

"Jadi cara bersama-sama, bersinergi, kita bisa melahirkan sebuah karya yang bisa bermanfaat untuk bangsa," ucapnya lagi.

Salah satu kerja sama bermusik saat pandemi yakni ketika musisi bersinergi membuat pertunjukan demi menggalang donasi untuk para terdampak Covid-19.

"Seperti contoh kemarin bermusik dari rumah yang ditujukan untuk katakanlah sumbangan buat yang terkena Covid ini," terangnya.