Find Us On Social Media :

Mau Terhindar dari Penyakit? Ikuti 5 Rutinitas Gaya Hidup Sehat Ini!

By Nana Triana, Senin, 20 Juli 2020 | 12:09 WIB

Ilustrasi seorang perempuan sedang berolahraga

Grid.ID - Kesehatan menjadi salah satu indikator kualitas kehidupan seseorang. Namun, tidak semua orang memiliki kesadaran yang tinggi untuk menjaganya.

Gaya hidup serba instan masih dianut oleh banyak orang dengan alasan terlalu sibuk. Konsumsi makanan instan seringkali jadi pilihan. Selain itu, kurang berolahraga dan merokok juga dijadikan kebiasaan.

Pola hidup ini berbahaya karena dapat menjadi penyebab penyakit jantung, diabetes melitus, bahkan stroke yang akan menurunkan kualitas hidup.

Memang, menerapkan gaya hidup sehat tidaklah mudah, begitu juga dengan menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat memperburuk kesehatan. Namun, tetap bisa dilakukan secara bertahap. Ubah perlahan-lahan tetapi konsisten agar dampaknya signifikan.

Baca Juga: Penting! Ternyata Ini Rahasia Gaya Hidup Sehat Jauh dari Penyakit, Tidak Perlu Langusng Berubah Total

Berikut ini beberapa langkah awal untuk memiliki gaya hidup sehat yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Olahraga secara teratur

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berolahraga memperbaiki metabolisme tubuh sehingga distribusi dan penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih efektif dan efisien.

Sejumlah riset menemukan bahwa olahraga dapat menyiapkan tubuh untuk lebih kuat menghadapi berbagai ancaman penyakit.

Melansir jurnal Global Recommendations on Physical Activity for Health, orang berusia 18-64 tahun idealnya berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit tiap minggu. Jika tidak memungkinkan Anda bisa melakukanya selama 75 menit per minggu. Jenis olahraganya bebas, boleh aerobik ataupun olahraga lainnya.

Baca Juga: Ternyata Olahraga Pagi dan Sore Punya Manfaat Tersendiri, Gak Perlu Takut dan Khawatir!

2. Hindari stress