Find Us On Social Media :

New Normal, Ini Rutinitas Baru yang Harus Dilakukan Usai Bepergian Keluar Rumah

By Nana Triana, Kamis, 23 Juli 2020 | 14:26 WIB

Vanish efektif hilangkan Noda dan Kuman.

Grid.ID – Menjalani kehidupan di fase kenormalan baru atau new normal, masyarakat diperkenankan kembali beraktivitas seperti sedia kala. Namun, aktivitas dilakukan dengan cara yang baru untuk tetap menjaga keamanan dari penularan Covid-19.

Ada sejumlah batasan dan protokol kesehatan harus diikuti saat melakukan aktivitas di ruang publik. Selain itu kebiasaan baru pun terbentuk.

Jika dulu bepergian cukup membawa ponsel dan dompet, serta mengenakan pakaian seadanya, kini tidak lagi bisa. Jika ingin keluar rumah setiap orang harus selalu mengenakan masker, membawa hand sanitizer, mengenakan face shield atau kacamata, dan topi, serta selalu menjaga jarak 1-2 meter dengan orang lain.

Begitu pula saat pulang dari aktivitas di luar rumah, ada beberapa rutinitas baru yang harus dilakukan. Sebelum pandemi, setelah pulang bekerja Anda bisa langsung rebahan atau bertegur sapa dengan keluarga di rumah kini dua hal tersebut tidak bisa dilakukan. Anda harus bebersih diri dulu dengan tahapan berikut.

Baca Juga: Inilah Cara Menyiasati Makan di Luar Rumah saat Masa New Normal di Tengah Pandemi

1. Melepas sepatu sebelum masuk ke rumah

Hal pertama yang Anda bisa lakukan sebelum masuk ke rumah setelah bepergian, yakni melepas sepatu atau alas kaki. Mulai saat ini sebaiknya, jangan membiasakan diri menggunakan sepatu ke dalam rumah.

Pasalnya, hal tersebut dapat berisiko membawa berbagai macam virus, bakteri, atau kuman dari luar ke dalam rumah.

2. Semprotkan disinfektan pada barang yang dibawa bepergian

Tidak hanya sepatu Anda juga harus membersihkan barang yang Anda bawa saat bepergian dengan cairan desinfektan. Misalnya, pakaian, ponsel, tas, laptop, atau perangkat kerja lainnya.

Kandungan alkohol serta konsentrasi biosida yang tinggi dalam cairan desinfektan diyakini efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya, bila dihirup atau disentuh manusia.

Baca Juga: Perhatian! Lonjakan Penumpang KRL Terjadi Setiap Senin, Simak Tips Aman Agar Terhindar dari Covid-19