Find Us On Social Media :

Hari Pramuka 2020: Dirintis pada Awal Abad 20, Inilah Lika-liku dan Sejarah Lahirnya Gerakan Praja Muda Karana di Tanah Air!

By Novia, Jumat, 14 Agustus 2020 | 12:17 WIB

Hari Pramuka 2020: Dirintis Pada Awal Abad 20, Inilah Lika-liku dan Sejarah Lahirnya Gerakan Praja Muda Karana di Tanah Air!

Laporan Wartawan Grid.ID, Novia Tri Astuti

Grid.ID - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka 2020, rasanya tak lengkap bila tak mengetahui sejarah di balik lahirnya gerakan Praja Muda Karana ini.

Ya, di hari Pramuka 2020 ini, kita ketahui bahwa Praja Muda Karana atau pramuka ini dikenal memiliki sejarah yang cukup panjang.

Dirintis sejak awal abad-20, Hari Pramuka 2020, yang dirayakan Jumat (14/8/2020), bertepatan dengan 59 tahun hadirnya Pramuka di Tanah Air.

Baca Juga: Peringati Hari Pramuka 2020 yang Dinilai Spesial di Tengah Pandemi Covid-19, Presiden Joko Widodo Singgung Karakter dan Kepemimpinan!

Diperingati setiap tanggal 14 Agustus, Hari Pramuka secara resmi telah diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1961.

Lantas bagaimana sejarah Gerakan Pramuka Indonesia hingga menjadi seperti saat ini?

Melansir informasi dari Kompas.com, gerakan kepanduan Indonesia ini telah menjadi salah satu kegiatan di lembaga pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.

Baca Juga: Menilik Sejarah Pramuka di Indonesia, Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

Sebelumnya, gerakan kepanduan Pramuka ini hanya dilakukan oleh bangsa Belanda saja.

Namun, Pramuka dinilai memiliki banyak manfaat positif dari organisasi kepanduan.

Akhirnya sejumlah organisasi kepanduan Jong Java Padvenderij (JJP), Hizbul Wathon, Sarekat Islam Afdeling Padvenderij (SIAP) ataupun Surya Wirawa, terbentuk dan mulai dijadikan sebagai tempat pengkaderan.