Find Us On Social Media :

Baru Setahun, J.K. Rowling Kembalikan Penghargaan dari Organisasi Hak Asasi Manusia Robert F. Kennedy Usai Dikritik sang Pimpinan Sebagai Transphobic

By Silmi Nur Aziza, Sabtu, 29 Agustus 2020 | 12:30 WIB

Baru Setahun, J.K. Rowling Kembalikan Penghargaan dari Organisasi Hak Asasi Manusia Robert F. Kennedy Usai Dikritik sang Pimpinan Sebagai Transphobic

Laporan Wartawan Grid.ID, Silmi Nur A

Grid.ID - J.K. Rowling dianugerahi Ripple of Hope Award oleh organisasi Hak Asasi Manusia Robert F.Kennedy (RFKHR) atas karyanya sebagai tokoh sastra pada tahun 2019.

Namun, rupanya pernghargaan tersebut hanya bertahan setahun sebelum dikembalikan oleh J.K. Rowling.

Sang penulis mengembalikan penghargaan organisasi hak asasi manusia setelah pimpinannya secara terbuka mengkritik J.K. Rowling atas esai yang dia rilis pada bulan Juni tahun ini yang banyak dikaitkan dengan transphobic.

Baca Juga: Claudia Kim Perankan Nagini di Fantastic Beasts 2, J.K Rowling Beri Penjelasan!

"Hak trans adalah hak asasi manusia. Serangan J.K. Rowling terhadap komunitas transgender tidak sejalan dengan keyakinan dan nilai-nilai dasar Hak Asasi Manusia RFK dan mewakili penolakan visi ayah saya," tulis Kerry Kennedy, presiden organisasi tersebut seperti yang dilansir Grid.ID dari INSIDER.

"Hak-hak perempuan tidak direndahkan oleh pengakuan hak trans. Sebaliknya: Komitmen terhadap hak asasi manusia menuntut komitmen untuk memerangi diskriminasi dalam segala bentuknya," imbuhnya.

J.K. Rowling merilis pernyataan yang menjelaskan mengapa dia mengembalikan penghargaan tersebut.

Baca Juga: Nggak Nyangka! Acha Septriasa Sempat Ikut Casting Untuk Perankan Film Karya J.K Rowling

Dia mengulangi banyak hal yang disebut "T.E.R.F." pernyataan yang dia buat pada bulan Juni, termasuk argumen yang telah dibantah bahwa ledakan wanita muda sedang mengalami de-transisi.

"RFKHR telah menyatakan bahwa tidak ada konflik antara gerakan hak trans radikal saat ini dan hak-hak perempuan," tulis J.K. Rowling.