Find Us On Social Media :

Ulang Tahun ke-59, Iwan Fals Senang Beberapa Karyanya Diadaptasi ke dalam Bentuk Novel

By Daniel Ahmad, Kamis, 3 September 2020 | 21:01 WIB

Ulang Tahun ke-59, Iwan Fals Senang Beberapa Karyanya Diadaptasi ke dalam Bentuk Novel

Laporan Wartawan Grid.ID, Daniel Ahmad

Grid.ID - Sebuah novel berjudul 'Air Mata Api', karya Piter Abdullah Redjalam yang terinsipitasi dari Cerita dan pesan lagu-lagu Iwan Fals tentang kaum kusam atau potret kehidupan sosial resmi diluncurkan, Kamis (3/9/2020).

Hal ini sangat spesial bagi legenda musik Indonesia tersebut, sebab berbarengan dentan peluncuran tersebut juga Iwan Fals tengah berulang tahun yang ke 59.

“Terima kasih sudah datang di hari yang spesial ini kebetulan hari lahirnya beliau,” kata tim Tifa Rambu Managemet, Cikal, yang juga putri Iwan seperti dikutip Grid.ID dari jumpa pers virtual.

Baca Juga: Aksi Panggung yang Pernah Terjadi Belasan Tahun Lalu Akan Kembali Ditunjukkan Iwan Fals dan Reza Artamevia, Penasaran?

Menceritakan sedikit, Cikal menyebut buku yang diluncurkan sudah pasti berjenis sastra dari berbagai kisah lagu-lagu lawas sang legenda.

“Novelnya tuh ada 12 lagu di situ, tiap lagu ada ceritanya sendiri ada pakai quote menurut aku tulisannya kaykak lebih ke sastra,” ungkapnya.

Iwan sendiri cukup tak menyangka karyanya diangkat dalam bentuk sastra, karena dirinya sempat lama tak membaca buku yang cukup serius dan lebih sering bermain media sosial.

Baca Juga: Namanya Dipakai dalam Kasus Pencurian Motor di Jember Jawa Timur, Iwan Fals: Mungkin Kepepet..

“Bacaan cukup serius udah lama (gak baca), pas kuliah lah, sekarang males apalagi pas reformasi banyak banget” ujarnya

“Akhirnya kok malah jadi gak ngerti apa-apa ya tapi karena ada pekerjaan ini dan ada hunungannya sama ekspresi saya mau gak mau,” ungkapnya.

Selain berkaitan dengan karyanya, Iwan pun takjub dengan daya imajinsi yang dibawakan penulis meskipun hanya ditransformasikan melalui liriknya.