Find Us On Social Media :

Perbolehkan Menyebut Kata 'Anjay' Selama Tidak Berimplikasi Hukum, Arist Merdeka Sirait Sebut Berekspresi Adalah Hak Semua Manusia

By Anggita Nasution, Rabu, 9 September 2020 | 09:00 WIB

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait dan Lutfi Agizal di Komnas Perlindungan Anak, Pasar Rebo, Minggu (6/9/2020).

Laporan Wartawan Grid.ID, Anggita Nasution

Grid.ID - Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait mengatakan jika kata 'anjay' boleh diucapkan selama tidak berpotensi merendahkan seseorang atau berimplikasi pada hukum.

Apalagi berkomunikasi merupakan ekspresi hak semua manusia.

Dengan adanya larangan menyebut kata 'anjay' sama saja dengan menghambat seseorang dalam berekspresi.

Baca Juga: Ikut Kecipratan Hujatan Walau Tak Tau Apa-apa, Salshadilla Juwita Ngaku Putus dari Lutfi Agizal Gegara Kata Anjay, Iis Dahlia Nimbrung Beri Jawaban Menohok: Anak-anak Nggak Suka Suasana Berisik

Dan Arist Merdeka Sirait tidak akan melarang bagi siapapun mengatakan kata 'anjay'.

"Nggak ada satu orang pun yang bisa melarang seseorang menggunakan bahasanya sendiri untuk menghambat ekspresi. Ekspresi adalah hak semua manusia," ujar Arist Merdeka Sirait saat ditemui tim Grid.ID di Komnas Perlindungan Anak, Pasar Rebo pada Minggu (6/9/2020).

Namun, bukan berarti kata 'anjay' bebas dikatakan.

Baca Juga: Calon Mantu Iis Dahlia Sulut Perkara Demi Satu Kata yang Dianggap Hina, Ridwan Kamil Langsung Ikut Beri Dukungan Moral Buat Mahasiswa Viral Bernama Anjay Saiful: Sing Sabar, Insya Allah Ada Hikmahnya..

Jika kata 'anjay' tersebut menyakiti ataupun merendahkan orang lain, maka sangat tidak dibenarkan untuk berkata 'anjay'.

"Oleh karena itu, jika kaya 'anjay' berimplikasi pada hukum, maka kita harus lindungi anak-anak, merendahkan seseorang dalam berkomunikasi itu juga tidak dibenarkan," ungkap Arist Merdeka Sirait.

Jika ada seseorang berkata 'anjay' untuk menyakiti orang lain, maka Komnas Perlindungan Anak bersama Lutfi Agizal akan bersepakat untuk memberikan edukasi tanpa harus mempidanakan anak yang mengatakan 'anjay'.