Find Us On Social Media :

Merasa Kesal Mendengar Orang Mengunyah Sampai Bernapas? Waspada, Bisa Jadi Kamu Terkena Misophonia Loh

By Devi Agustiana, Sabtu, 19 September 2020 | 07:15 WIB

Ilustrasi. Apakah ada suara tertentu yang memicu reaksi emosional kamu yang berlebihan, tetapi tampaknya biasa saja bagi orang lain? Ini adalah kasus misophonia, ketidaksukaan atau kebencian yang kuat terhadap suara tertentu.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID –  Apakah ada suara tertentu yang memicu reaksi emosional kamu yang berlebihan, tetapi tampaknya biasa saja bagi orang lain?

Ini adalah kasus misophonia, ketidaksukaan atau kebencian yang kuat terhadap suara tertentu.

Dilansir Grid.ID dari Web MD, misophonia adalah gangguan di mana suara tertentu memicu respons emosional atau fisiologis yang mungkin dianggap tidak masuk akal oleh beberapa orang.

Mereka yang menderita misophonia mungkin menggambarkannya seperti saat suara "membuatmu gila".

Baca Juga: Singgung Soal Peraturan Tak Tertulis dalam Hidup, Luna Maya Tiba-tiba Bahas Tak Mulusnya Hubungan Berpasangan: Ada Hal-hal yang Harus Dihargai, Semua Harus Diomongin dengan Tepat!

Reaksi mereka bisa antara kemarahan, gangguan hingga panik, bahkan melarikan diri.

Gangguan ini terkadang disebut sindrom sensitivitas suara selektif.

Penderita misophonia sering melaporkan bahwa mereka dipicu oleh suara oral, suara yang dibuat seseorang saat mereka makan, bernapas, mengunyah, suara ketukan keyboard atau jari, atau suara wiper kaca depan.

Kadang-kadang penyebabnya adalah gerakan berulang kecil-kecilan, misalnya seseorang menggoyahkan, mendorong kamu, atau menggoyangkan kaki mereka.

Baca Juga: Puluhan Tahun Emosinya Tertahan, Dewi Perssik Akhirnya Luapkan Perasaan Saat Diselingkuhi Aldi Taher

Penderita misophonia juga mengatakan bahwa mereka sering bereaksi terhadap rangsangan visual yang menyertai suara dan mungkin juga merespons gerakan berulang secara intens.