Find Us On Social Media :

Peringati Hari Kesetaraan Upah Internasional, Indonesia Dukung Gerakan Anti Diskriminasi Pekerja Perempuan

By Grid ID, Kamis, 17 September 2020 | 18:01 WIB

(Ilustrasi) upah

Grid.ID - Indonesia dan seluruh dunia untuk pertama kalinya memperingati 'Hari Kesetaraan Upah Internasional' pada 18 September.

Hari internasional ini menandai komitmen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap hak asasi manusia dan menentang segala bentuk diskriminasi, termasuk diskriminasi terhadap perempuan dan anak perempuan. Menurut data global, perempuan dibayar lebih rendah dibandingkan laki-laki, dengan perkiraan kesenjangan upah sebesar 16 persen.

Perempuan memperoleh 77 sen dari setiap satu dolar yang diperoleh laki-laki untuk pekerjaan yang bernilai sama – dengan kesenjangan yang bahkan lebih besar bagi perempuan yang memiliki anak.

Baca Juga: Menyoroti Manfaat Keberagaman Gender di Tempat Kerja, Penelitian ILO Buktikan Adanya Peningkatan Laba, Produktivitas, dan Kreativitas Perusahaan!

Kesenjangan upah ini memberikan dampak negatif bagi perempuan dan keluarganya.

Situasi ini bahkan semakin meningkat selama pandemi COVID-19.

Pemantauan ILO: COVID-19 dan dunia kerja: Edisi ke-5, diterbitkan pada Juli, menemukan bahwa banyak pekerja perempuan mendapatkan dampak berbeda selama pandemi.

Dampak berbeda COVID-19 terhadap pekerja perempuan terkait dengan besarnya keterwakilan mereka dalam sektor-sektor perekonomian yang paling terkena dampak krisis ini, seperti akomodasi, makanan, penjualan dan manufaktur.

Baca Juga: Imbas Pandemi Corona Terhadap Dunia Kerja Semakin Buruk, Organisasi Buruh Internasional Tawarkan 3 Skenario Ini untuk Pertengahan Tahun 2020!

Perempuan juga terepresentasi secara besar dalam pekerjaan di perekonomian informal yang tidak memiliki asuransi kesehatan dan perlindungan sosial.

Selaras dengan kondisi global, perempuan Indonesia memperoleh pendapatan 23 persen lebih rendah dibandingkan laki-laki.

Kendati lebih banyak pekerja perempuan yang memiliki gelar D3/D4 atau sarjana dibandingkan laki-laki, pendidikan yang lebih tinggi tidak mempersempit kesenjangan upah berdasarkan gender.