Find Us On Social Media :

2 Hari Berturut-turut Warga DKI Jakarta Diresahkan dengan Suara Dentuman Keras, BMKG: Suara Itu Tidak Bersumber dari Gempa Bumi!

By None, Selasa, 22 September 2020 | 14:55 WIB

2 Hari Berturut-turut Warga DKI Jakarta Diresahkan dengan Suara Dentuman Keras, BMKG: Suara Itu Tidak Bersumber dari Gempa Bumi!

Grid.ID - Warga di beberapa daerah di DKI Jakarta beberapa hari terakhir mendengar dentuman yang cukup keras.

Pada Minggu (20/9/2020) kemarin, warga yang tinggal di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur mengaku mendengar suara dentuman keras sekitar pukul 19.00 sampai 21.00 WIB.

Dan pada Senin (21/9/2020) pagi, warga DKI Jakarta lagi-lagi mendengar suara dentuman keras.

Suara apakah itu dan adakah kaitannya dengan gempa?

Baca Juga: Dikira Dentuman Bom, Warga Justru Dikejutkan dengan Jatuhnya Pesawat Tempur TNI AU di Pemukimannya! Sang Pilot Ditemukan Terjatuh 500 Meter dari Lokasi Kecelakaan di Semak-semak

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono menerangkan bahwa gempa dengan kedalaman sangat dangkal memang dapat menimbulkan suara dentuman.

Namun berdasar data seismik di Jakarta dan sekitarnya, BMKG tidak mencatat aktivitas gempa tektonik.

"Hasil monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan bahwa tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," terang Daryono dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com.

Ini artinya, bukan gempa yang mengakibatkan suara dentuman tersebut.

Baca Juga: Cerita Warga yang Geger Suara Dentuman Misterius Terdengar di Jawa Tengah, Begini Penjelasan dari LAPAN : Suara Bersumber dari Sumber Lokal..