Find Us On Social Media :

Digadang-gadang Bakal Jadi Ahli Waris Penguasa Orde Baru, Intip Gurita Bisnis Tommy Soeharto! Dari Hotel hingga Perusahaan Penerbangan!

By None, Selasa, 29 September 2020 | 16:10 WIB

Digadang-gadang Bakal Jadi Ahli Waris Penguasa Orde Baru, Intip Gurita Bisnis Tommy Soeharto! Dari Hotel hingga Perusahaan Penerbangan!

Grid.ID - Sosok Hutomo Mandala Putera alias Tommy Soeharto pasti tak asing bagi publik.

Anak bungsu Preside Seoharto ini bahkan digadang-gadang bakal jadi ahli waris penguasa Orde Baru itu.

Namun, Tommy Soeharto yang kini berusia 58 tahun memilih berkecimpung di dunia bisnis. Bahkan bisnisnya sudah menggurita.

Tommy muncul sebagai salah satu pengusaha papan atas di usia masih sangat muda. Pada umurnya yang baru 30-an tahun, Tommy Soeharto tercatat sudah memiliki banyak sekali perusahaan. Grup bisnisnya ini kemudian dikenal dengan Grup Humpuss.

Bidang usaha Humpuss banyak bergerak di sektor transportasi, perdagangan, konstruksi, otomotif, dan properti. Berikut ini sederet gurita bisnis yang dijalankan Tommy Soeharto:

Baca Juga: Dari Sirkuit Balap Hingga Maskapai Penerbangan, Inilah Sumber Kekayaan Pangeran Cendana Tommy Soeharto yang Tak Bakal Habis Tujuh Turunan

1. Humpuss

PT Humpuss adalah perusahaan induk milik Tommy Soeharto. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1984 dan berkantor pusat di Gedung Granadi Jakarta, salah satu aset properti milik Yayasan Supersemar yang pernah disengketakan di pengadilan karena kasus penyelewengan dana yayasan tersebut.

Dilihat dari laman resmi perusahaan, kelompok usaha ini bergerak di sektor pelayaran, pesawat charter, pertambangan, distribusi migas dan bahan kimia, pertanian, petrochemical, properti, manajemen aset.

Humpuss sendiri merupakan holding dari PT Humpuss Intermoda Transportasi, PT Humpuss Pengolahan Minyak, PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Trading. Di PT Humpuss, Tommy Soeharto menjabat sebagai Komisaris Utama.

Perusahaan membangun kapal pertamanya, Ekaputra di tahun 1986. Ekaputra memiliki bobot 78.988 DWT yang menjadikannya sebagai kapal LNG terbesar di dunia pada saat itu. Humpuss banyak mendapat kontrak pengiriman dari BUMN migas Pertamina.

Baca Juga: 14 Tahun Lalu Putuskan Keluar dari Keluarga Cendana hingga Dituding Bawa Kabur Uang Rp 100 Miliar, Mantan Istri Tommy Soeharto Kini Curhat Soal Berat dan Ketakutannya Besarkan Anak Seorang Diri