Find Us On Social Media :

Penghasilan Menurun, Begini Tips Mudah Menabung agar Keuangan Tetap Aman

By Nana Triana, Rabu, 4 November 2020 | 12:48 WIB

Ilustrasi menyisihkan uang untuk ditabung.

 

Grid.ID - Mengelola keuangan di tengah pandemi tidak mudah. Beragam tantangan harus dihadapi seperti ketidakpastian ekonomi dan penurunan jumlah penghasilan.

Mengutip dari Kompas.com (26/6/2020), hasil survei yang dilakukan perusahaan riset pasar Ipsos menunjukkan sebanyak 84 persen masyarakat Indonesia merasakan penurunan pendapatan.

Tiga dari sepuluh orang responden bahkan mengaku pendapatannya turun hingga 50 persen dibanding dengan sebelum adanya pandemi.

Akibatnya, pemenuhan kebutuhan sehari-hari pun terhambat. Tabungan yang seharusnya menjadi simpanan untuk masa depan berisiko terpakai untuk menutup biaya kebutuhan hidup.

Baca Juga: Dididik Keras oleh Orangtua untuk Menabung, Maia Estianty Tak Khawatir Masalah Ekonomi di Tengah Pandemi Corona

Mungkin salah satunya Anda yang saat ini mengalami penurunan penghasilan dampak dari pandemi yang saat ini mewabah di dunia. Untuk itu, Anda perlu pengelolaan keuangan secara efektif dan masih bisa menyisihkan pendapatan untuk menabung.

Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa menabung selama pandemi.

1. Alokasi uang untuk tabungan dulu baru bayar biaya rutin

Sebelum membayar biaya rutin bulanan, seperti biaya belanja bulanan, tagihan listrik, air, internet, dan tagihan-tagihan lainnya.

Sebaiknya Anda mengalokasikan uang untuk menabung terlebih dahulu, meskipun membayar tagihan menjadi prioritas yang lebih utama tetapi Anda boleh menyisihkan uang dari penghasilan untuk menabung.

Baca Juga: Nama Anak Keduanya Disebut Plek 100 Persen dengan Usulan Netizen Awal 2020, Raditya Dika: Itu Nyari Sendiri Bareng Anissa

Mengapa demikian? Sebab dengan mengalokasikan dana tabungan terlebih dahulu Anda akan mengetahui jumlah uang yang bisa Anda gunakan dalam satu bulan salah satunya belanja kebutuhan pokok.