Find Us On Social Media :

Film 'Perempuan Tanah Jahanam' Resmi Wakili Indonesia di Ajang Piala Oscar 2021, Joko Anwar: Semoga Jadi Representasi yang Baik

By Annisa Dienfitri, Rabu, 11 November 2020 | 09:45 WIB

Film Perempuan Tanah Jahanam

Laporan Wartawan Grid.ID, Annisa Dienfitri

Grid.ID - Film 'Perempuan Tanah Jahanam' dengan judul internasional 'Impetigore' tembus ajang Academy Award Ke-93 tahun 2021.

Karya sutradara Joko Anwar itu resmi menjadi wakil Indonesia di kategori Best International Feature Film.

Film kedelapan Joko Anwar ini dipilih oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia yang diketuai sineas Garin Nugroho dari 59 film Indonesia lainnya.

Menurut catatan Komite Seleksi Oscar Indonesia, proses penetapan terjadi pada salah satu puncak emas film Indonesia dengan adanya 140 film Indonesia dengan lebih dari 50 juta penonton di tahun 2019.

Baca Juga: Film Perempuan Tanah Jahanam Bakal Ditayangkan di Berbagai Negara, dari Amerika Serikat hingga Inggris!

Sepanjang sejarah perfilman Tanah Air, 'Perempuan Tanah Jahanam' menjadi film horor pertama yang menjadi wakil Indonesia di Piala Oscar.

Sebagai sambutannya, Joko Anwar berharap film garapannya itu mampu menjadi sebaik-baiknya wakil Indonesia di mata internasional.

"Semoga Perempuan Tanah Jahanam bisa jadi representasi yang baik untuk film Indonesia dan membuat audien internasional ingin mengetahui lebih banyak tentang film Indonesia," tuturnya salam siaran pers yang diterima Grid.ID, Selasa (9/11/2020).

Baca Juga: IBOMA 2020 akan Digelar, Berikut 10 Film Terlaris yang Masuk Nominasi

Sang produser, Shanty Harmayn juga turit menyambut antusias perjalanan film Perempuan Tanah Jahanam sejauh ini.

"Perempuan Tanah Jahanam terus mengejutkan kami dari mulai terpilih untuk tayang di Sundance, hingga sekarang Academy Award," ujar Shanty.