Find Us On Social Media :

Kepulangan Habib Rizieq Picu Kerumunan, Pakar Epidemolog UI Singgung Soal Keistimewaan

By None, Sabtu, 14 November 2020 | 12:27 WIB

Habib Rizieq Shihab tiba di Indonesia melalui Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020).

Grid.ID - Kepulangan Habib Rizieq Shihab ke Tanah Air disambut oleh masyarakat.

Masyarakat berbondong-bondong menjemput Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020) lalu. Kerumunan di masa pandemi inipun tak terhindarkan.

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Pandu Riono heran dengan sikap pemerintah, yang terkesan tidak bertindak apa pun untuk mencegah penularan Covid-19 ketika Rizieq Shihab tiba di Indonesia.

Begitu juga dengan kegiatan majelis Ta'lim Al Alaf yang dihadiri Rizieq Shihab di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/10/2020).

Baca Juga: Ngaku Temukan Kejanggalan di Balik Raibnya Duit Rp 22 Miliar Winda Earl di Maybank, Hotman Paris Siap Kehilangan Harta Demi Buktikan Omongannya: Ini Cincin Berlian Saya Kasih Semua

Menurut Pandu, kerumunan massa yang terjadi pada dua peristiwa tersebut berpotensi meningkatkan penularan Covid-19.

"Saya itu bingung pemerintah ini maunya apa, kan harusnya bisa mencegah," kata Pandu kepada wartawan, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, seharusnya pemerintah dari awal bisa menerapkan protokol kesehatan begitu Rizieq Shihab tiba di Indonesia.

Rizieq Shihab seharusnya terlebih dahulu dikarantina untuk diketahui kondisi kesehatannya, sebelum diperbolehkan pulang ke kediamannya.