Find Us On Social Media :

Mengenal Apa Itu Lipoma, Benjolan Berupa Gumpalan Lemak yang Tumbuh di Jaringan Lunak Tubuh

By None, Selasa, 24 November 2020 | 09:00 WIB

Ilustrasi Lipoma setelah dikeluarkan seperti potongan daging ayam

Grid.ID- Bagi orang awam, munculnya benjolan lemak di bawah kulit mungkin terdengar mengkhawatirkan.

Fenomena itu disebut dengan lipoma, sebuah benjolan lemak yang biasanya tumbuh di antara kulit dan lapisan otot. Ciri-ciri umumnya kenyal mirip adonan roti, tidak lembek, dan bisa digerakkan saat ditekan dengan jari. Biasanya, lipoma kerap muncul pada kalangan lansia. Beberapa bahkan memiliki lebih dari satu lipoma.

Baca Juga: Jangan Dulu Panik! Benjolan Pada Payudara Tidak Selalu Indikasi Kanker Loh, Bisa Jadi 5 Ini PenyebabnyaBerikut penjelasan lebih lanjut apa itu lipoma, ciri-ciri lipoma, penyebab lipoma, dan kapan perlu waspada. Apa itu Lipoma?

Melansir Cleveland Clinic, lipoma adalah benjolan berupa gumpalan lemak yang tumbuh di jaringan lunak tubuh. Lipoma termasuk jenis tumor. Biasanya, penyakit ini tidak berbahaya. Lipoma cukup umum.Sekitar satu di antara 1.000 orang mengalami lipoma. Penyakit ini kerap muncul di tubuh bagian atas, leher, bahu, punggung, perut, lengan, atau paha.

Baca Juga: Hih! Setelah Dikeluarkan, Benjolan di Punggung Pasien Ini Tampak Mirip Potongan AyamCiri-ciri lipoma Dilansir dari Mayo Clinic, terdapat beberapa ciri-ciri lipoma yang mudah dikenali, antara lain: Benjolan biasanya muncul di bawah kulit Benjolan terasa empuk dan bisa digerakkan saat ditekan dengan jari.Diameter benjolan ini umumnya kurang dari lima centimeter, tapi bisa tumbuh membesar. Benjolan juga terkadang sakit apabila tumbuh dan menekan saraf di sekitarnya.Penyebab Lipoma

Penyebab lipoma yang pasti belum diketahui. Namun, beberapa ahli menduga kondisi tersebut disebabkan trauma fisik.

Baca Juga: Tengah dalam Perawatan Medis, Han Ye Seul Mendadak Hengkang dari AgensiAda juga yang berpendapat lipoma berasal dari faktor genetik, sehingga cenderung diturunkan dalam keluarga.