Find Us On Social Media :

Atasi Keruwetan Pelabuhan dan Pandemi, BoksMan Asia Catatkan 150 Perjalanan Angkutan Kontainer per Bulan

By Dianita Anggraeni, Rabu, 2 Desember 2020 | 12:59 WIB

Keruwetan angkutan kontainer di Pelabuhan

Grid.ID - Performa sistem logistik nasional Indonesia masih jauh dari kata optimal.

Berdasarkan laporan Logistics Performance Index (LPI) yang dikeluarkan World Bank pada tahun 2018, Indonesia berada di posisi ke-46 dari 155 negara, kalah dari negara tetangga, seperti Malaysia di peringkat 41, Vietnam di peringkat 39, dan Thailand di peringkat 32.

LPI ini menjadi indikator pembanding sistem logistik, yang memperhitungkan banyak aspek, mulai dari efisiensi beacukai, kualitas infrastruktur transportasi, kemudahan pengiriman internasional, serta frekuensi pengiriman tepat waktu.

Baca Juga: Sebanyak 48 Tahanan di Rutan Bareskrim Polri Sempat Dinyatakan Positif Covid-19, Pihak Berwajib Beberkan Kondisi Terkini!

“Penyedia jasa angkutan kontainer di area Jabodetabek memiliki utilisasi sangat rendah, yaitu hanya 0,8 trip per hari atau 18 – 20 trip per bulan. Hal ini terjadi karena tata letak kawasan industri, pelabuhan, dan depot kontainer telah menciptakan jarak tempuh yang mengakibatkan pergerakan truk tidak maksimal."

"Kemudian, diperparah dengan proses impor dan ekspor serta inbound dan outbound domestic yang terfragmentasi,” ungkap Chief Executive Officer Boksman Asia Johannes Situmorang.

Baca Juga: Jenis Kulit Manakah yang Perlu Triple Cleansing? Ini Kata Pakar Kulit!

Menurutnya, proses impor dan ekspor serta inbound dan outbound domestic di Pelabuhan Jakarta yang terfragmentasi menyebabkan adanya 12.000 truk trailer yang setiap hari berlalu-lalang tanpa muatan (kosong).

Karena itulah, BoksMan Asia memilih berkolaborasi dengan pengelola depot kontainer dengan membangun temporary place untuk perpindahan container atau peti kemas di area industri.

Keberadaan temporary place tersebut menciptakan pergerakan truk yang sangat efisien hingga meningkatkan utilisasi truk trailer sebesar 2 kali lipat.

Baca Juga: Restu Krisdayanti Tak Kunjung Turun padahal Selangkah Lagi Menuju ke Pelaminan, Atta Halilintar Sampai Mohon Bantuan Iis Dahlia Demi Ketemu Ibu Kandung Aurel: Sumpah Aku Mau Banget!