Find Us On Social Media :

Berikhtiar Tumbuhkan Generasi Gemar Baca, LPDP PK-158 dan Gerakan Literasi #AkuBaca Rintis Teras Baca di Kampung Nelayan

By Grid, Kamis, 3 Desember 2020 | 12:41 WIB

LPDP PK-158 dan Gerakan Literasi #AkuBaca Rintis Teras Baca di Kampung Nelayan

Grid.ID - Meski kebutuhan pembelajaran melalui teknologi online meningkat selama pandemi COVID-19, anak-anak usia sekolah di Cilincing, Jakarta Utara masih antusias menerima bantuan buku.

Sebanyak lebih dari 300 buku telah tersusun rapi di rak-rak buku di pos ronda Kampung Kalibaru, RW 01 pada 29 November, 2020.

Penyerahan bantuan buku tersebut merupakan bagian dari kegiatan membangun perpustakaan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Teras Baca di Kampung Kalibaru atau yang juga dikenal sebagai Kampung Nelayan.

Teras Baca itu terletak sejauh 12 km dari pantai utara Jakarta. Teras Baca Kalibaru diinisasi oleh para anggota persiapan keberangkatan penerima beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) aangkatan 158 (PK-158) Kencana Mahardika berkolaborasi dengan Kompas Gramedia (KG).

Baca Juga: Tetiba Ungkap Tabiat Seseorang yang Hebat dalam Hidup, Marshanda Banjir Pujian hingga Bikin Netizen Takjub

Sebagian besar buku Teras Baca Kalibaru didapatkan dari donasi KG melalui Gerakan Literasi #AkuBaca serta dari para anggota PK-158 Kencana Mahardika.

Koordinator Pengabdian Masyarakat Kencana Mahardika Sisca Wahyuning Tyas memilih Cilincing sebagai lokasi perpustakaan karena ia melihat jumlah anak yang putus sekolah di wilayah tersebut tinggi.

Jumlah anak di Kecamatan Cilincing tertinggi ketiga di DKI Jakarta setelah Kecamatan Cakung dan Cengkareng.

“Secara umum, angka siswa putus sekolah di DKI Jakarta itu tinggi, khususnya di Jakarta Utara.

Akses anak terhadap pendidikan dan informasi menjadi terhambat,” kata Sischa.

Baca Juga: Sering Baca Kisah Nabi, Rey Utami Belajar Ikhlas Hingga Akhirnya Memutuskan Berhijrah

Karenanya, ia berharap adanya Teras Baca di Kampung Kalibaru dapat menghidupkan kembali semangat belajar anak-anak. Terdapat 142 anak usia TK, 556 usia SD, 296 usia SLTP, dan 221 usia SLTA di Kampung Kalibaru.