Find Us On Social Media :

Selamat! Festival Jagoan Lokal, Pestanya UMKM Indonesia Dapatkan MURI Live Streaming Terbanyak

By Grid, Minggu, 13 Desember 2020 | 18:16 WIB

KG Media bersama Gramedia.com dan KGXpress menginisiasi proyek kolaborasi yang diwujudkan dalam sebuah gerakan bernama Jagoan Lokal.

Grid.ID - KG Media bersama Gramedia.com dan KGXpress menginisiasi proyek kolaborasi yang diwujudkan dalam sebuah gerakan bernama Jagoan Lokal.

Gerakan ini bertujuan untuk mendukung kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tetap bertahan di tengah pandemi.

Puncak dari gerakan Jagoan Lokal adalah dengan diadakannya Festival Jagoan Lokal ‘Pestanya UMKM Indonesia’ yang bertepatan pada Harbolnas 12.12, dipandu langsung oleh Rosianna Silalahi.

Kegiatan tersebut berhasil menorehkan prestasi rekor MURI lewat penayangannya yang dilakukan secara on air di KompasTV dan streaming melalui daring pada 75 site KG Media (12/12/2020).

“Rekor MURI yang kami terima ini adalah salah satu indikator keberhasilan transformasi digital unit-unit media di bawah naungan KG Media,” ujar Dian Gemiano, Chief Marketing Officer KG Media.

Menurutnya, Festival Jagoan Lokal di KompasTV yang juga disiarkan secara serentak melalui live streaming pada 75 media digital KG Media menunjukan ekspansi digital yang massive untuk menjangkau audiens digital Indonesia yang lebih lebar.

Terima kasih kepada 223 UMKM dari Sabang hingga Merauke yang telah berpartisipasi dalam gerakan Jagoan Lokal dan menopang perekonomian Indonesia.

Berbagai macam bisnis dagangan yang mereka tawarkan mulai dari kebutuhan sehari-hari, kuliner, hobi, obat-obatan herbal, barang kerajinan tangan, hingga jasa membersihkan rumah.

Data Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) menyebutkan, lebih dari 80% UMKM terancam gulung tikar di akhir 2020 dampak dari pandemi saat ini.

Sedangkan 60,3% total Produk Domestik Bruto (PDB) dihasilkan dari UMKM dan sembilan dari sepuluh tenaga kerja diserap oleh UMKM.

Penopang ekonomi Indonesia terancam kolaps.

KG Media mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menyuarakan produk-produk UMKM dengan lantang, sehingga produk lokal semakin eksis.