Find Us On Social Media :

Melakukan Plagiarisme pada Penelitian Tesisnya, Gelar Master dan Doktoral Hong Jin Young Dicabut oleh Universitas Chosun

By Citra Widani, Kamis, 24 Desember 2020 | 14:48 WIB

Hong Jin Young

Laporan wartawan Grid.ID, Citra Kharisma

Grid.ID - Universitas Chosun telah membuat keputusan akhir tentang plagiarisme terkait tesis dari penyanyi Hong Jin Young.

Pada tanggal 23 Desember, Surat Kabar Bisnis Maeil melalui soompi.com, Kamis (24/12/2020) melaporkan bahwa perwakilan dari Komite Pascasarjana Universitas Chosun telah membuat keputusan akhir terkait permasalahan tersebut.

Di mana pihak kampus akan memberikan sanksi berupa pembatalan gelar kepada yang bersangkutan.

Baca Juga: Didepak dari Kursi Kementerian Presiden Joko Widodo Usai Terjerat Kasus Korupsi, Mantan Mensos Juliari Batubara Komentari Risma yang Kini Menggantikan Posisinya

"Kami telah membuat keputusan akhir tentang plagiarisme terkait tesis Hong Jin Young dan oleh karena itu kami akan mulai mengambil tindakan administratif untuk pembatalan gelar," jelas Universitas Chosun.

Pihak kampus mengaku akan lebih teliti dalam pengoperasian sistem manajemen etika penelitian.

Serta akan memperkuat pengawasan kepada dosen pembimbing tesis guna mencegah terjadinya pelanggaran etika penelitian seperti plagiarisme.

Baca Juga: Jatuh Bangun Bareng hingga Temani Anang saat Kondisi Pas-pasan, Ashanty Nangis Sesenggukan Ngaku Pernah Minta Aurel dan Azriel Pilih KD Ketimbang Dirinya: Aku Tahu Hati Dia Pasti Hancur Banget, Karena Dulu...

Pada bulan November, dilaporkan bahwa tesis Hong Jin Young tahun 2009 dari Universitas Chosun dicurigai melakukan plagiarisme.

Setelah mendapat skor 74 persen di situs pengecekan plagiarisme bernama Copy Killer.

Agensi Hong Jin Young juga sempat membantah berita plagiarisme terkait artisnya itu.