Find Us On Social Media :

Terungkap Kondisi Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, Sudah Berumur 26 Tahun

By Hana Futari, Minggu, 10 Januari 2021 | 10:25 WIB

Sriwijaya Air

Laporan Wartawan Grid.ID, Hana Futari

Grid.ID - Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu rupanya sudah berusia sekitar 26 tahun.

Pesawat dengan rute Jakarta - Pontianak itu mulai mengalami hilang kontak sekitar 4 menit setelah lepas landas.

Pesawat dengan call sign SJY182 ini tiba-tiba hilang kontak saat baru saja lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, menuju Pontianak, di atas perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Sabtu (9/1/2021) siang.

Baca Juga: Diduga Berisi Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Satu Kantong Jenazah Telah Dibawa ke RS Kramat Jati, Keluarga Diharapkan Segera Datang untuk Berikan Sampel DNA

Dilansir dari Tribunnews.com, Sabtu (9/1/2021), Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Suryanto mengatakan pesawat jenis Boeing B737-500 tersebut sudah beroperasi sejak tahun 1994.

"Jadi kurang lebih ya umurnya sekitar 25 sampai 26 tahun," ungkap Suryanto di Posko Crisis Center Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta kemarin malam seperti dikutip Grid.ID dari Tribunnews.com.

Meskipun demikian, Suryanto menyebutkan bahwa usia tidak terlalu menjadi masalah asalkan pesawat selalu mendapatkan perawatan.

Baca Juga: Ditemukan Serpihan Diduga Bagian Tubuh Korban, 1 Kantong Jenazah Tiba Minggu Dini Hari di RS Polri Kramat Jati

"Tapi harusnya berapa pun umur dari pesawat kalau ada maintenance secara bertahap sesuai yang berlalu di Dirjen Perhubungan Udara harusnya safe (aman)," ungkap Suryanto.

Hingga kini KNKT masih mengumpulkan data di lapangan soal kondisi pesawat saat akan lepas landas.

Pesawat ini diproduksi Boeing tahun 1994 dan menjadi armada Sriwijaya Air sejak 2012.