Find Us On Social Media :

Kesalahan Diet Justru Bikin Depresi Makin Parah, Simak Penjelasan Ahli!

By Devi Agustiana, Selasa, 12 Januari 2021 | 13:51 WIB

Ilustrasi. Mengonsumsi makanan kaya serat memengaruhi penurunan risiko depresi pada wanita pra menopause.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID –  Menurut sebuah jurnal The North American Menopause Society, mengonsumsi makanan kaya serat (termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan) mungkin terkait dengan penurunan risiko depresi pada wanita pra menopause.

Meskipun ada banyak perubahan gaya hidup yang diketahui, seperti olahraga hingga meditasi, dapat membantu menangkal gejala depresi.

Tapi penelitian memfokuskan perhatiannya pada hubungan antara depresi dengan asupan serat makanan.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Dahsyatnya 4 Makanan Ini Bisa Bantu Hilangkan Stres!

Dilansir Grid.ID dari Eat This Not That, penelitian sebelumnya telah mencatat hubungan antara serat dan kesehatan mental, namun penelitian ini adalah yang pertama kali berfokus pada wanita pra dan pasca menopause.

Peneliti menganalisis pola makan lebih dari 5.800 wanita dari berbagai usia dan tahap kehidupan melalui survei yang dilakukan selama periode empat tahun.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan serat makanan harian lebih tinggi di antara wanita pra menopause yang tidak menderita depresi, itu menunjukkan adanya interaksi usus-otak.

Baca Juga: Setelah Liburan Kok Ngerasa Depresi? Ini 7 Cara Mudah Atasi Post Holiday Blues

Menariknya, hubungan yang sama tidak ditemukan pada wanita pascamenopause.

Dipercayai bahwa penurunan kadar estrogen merupakan faktor penyebabnya, karena hormon ini memengaruhi keseimbangan mikroorganisme usus.

"Beberapa kemungkinan mekanisme yang menghubungkan serat makanan dan depresi termasuk dampak serat pada mikrobioma, yang pada gilirannya dapat memodifikasi ekspresi gen yang mengubah neurotransmiter (seperti serotonin), memengaruhi suasana hati dan depresi," kata Katherine Brooking MS, RD, dari AFH Consulting.