Find Us On Social Media :

Indonesia Dirundung Duka, Presiden Jokowi Ucapkan Duka Mendalam Bagi Masyarakat Terdampak Bencana Alam di Sulawesi Barat dan Sumedang, Jawa Barat

By Nisrina Khoirunnisa, Jumat, 15 Januari 2021 | 16:52 WIB

Jokowi

Laporan Wartawan Grid.ID, Nisrina Khoirunnisa

Grid.ID - Baru permulaan awal tahun 2021, Indonesia kembali berduka karena terjadinya bencana alam di beberapa daerah.

Di antaranya adalah bencana alam gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo yang mengguncang Sulawesi Barat pada 15 Januari 2021, dan longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada 9 Januari 2021 lalu.

Presiden RI Joko Widodo mengucapkan belasungkawa dan duka yang mendalam bagi seluruh warga terdampak bencana tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Puding Lapis Moka yang Lembut, Visualnya Cantik bak Buatan Kafe Kekinian!

Dalam unggahannya, Jokowi menjelaskan tindakan yang telah dilaksanakannya dalam menangani bencana tersebut.

Jokowi telah menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui telepon setelah mendengar adanya gempa bumi yang melanda wilayah Majene, Sulawesi Barat.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah memerintahkan sejumlah pihak terkait seperti Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Panglima TNI dan Kapolri untuk menindaklanjuti evakuasi korban di Sulawesi Barat.

Baca Juga: Janji Tak Akan Sentuh Narkoba Lagi, Millen Cyrus Akui Ingin Fokus Kerja

"Mendengar adanya gempa di Sulbar, saya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Barat melalui sambungan telepon, pagi tadi. Saya juga memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Menteri Sosial, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada yang luka-luka," ujar Jokowi dalam unggahannya tersebut.

Terkait bencana longsor yang terjadi di Kabupaten Sumedang, Jokowi juga telah mengutus BNPB serta pihak terkait lainnya untuk merelokasi warga terdampak.

"Untuk penanganan longsor di Kabupaten Sumedang, saya juga telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk segera melakukan relokasi warga terdampak bencana,"