Find Us On Social Media :

Sering Dikira Sama, Ini Perbedaan Miom dan Kista yang Wajib Diketahui Wanita

By Ragillita Desyaningrum, Minggu, 17 Januari 2021 | 13:00 WIB

Miom dan kista sekilas mirip karena sama-sama termasuk tumor jinak yang menyerang reproduksi wanita. Padahal faktanya, keduanya berbeda.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita DesyaningrumGrid.IDKista dan miom adalah dua penyakit yang sering kali menghantui wanita.Dua penyakit ini sering dikira sama, karena sama-sama dikategorikan sebagai tumor jinak yang menyerang organ reproduksi wanita.Padahal, miom dan kista adalah dua penyakit berbeda.

Baca Juga: Benarkah Minum Susu Berlebihan Justru Menyebabkan Tulang Rapuh?Dilansir oleh Grid.ID dari SehatQ via Kompas.com, miom atau fibroid rahim adalah tumor jinak yang hanya tumbuh di rahim.Sedangkan kista adalah cairan yang menumpuk dan bisa tumbuh dibagian manapun, termasuk ovarium.Dikutip dari Nova.ID, berikut adalah tiga perbedaan miom dan kista:

Baca Juga: Terlanjur Kecanduan Kopi? Ikuti Cara Ini untuk Mengatasinya1. Lokasi gumpalanSeperti yang telah disebutkan di atas, miom selalu terletak di rahim, bisa jadi permukaan rahim, tengah rahim, maupun di dalam rahim.Sementara itu kista yang berada di ovarium bisa terletak di bagian kiri, kanan, atau bahkan keduanya.