Find Us On Social Media :

Tanggapi Warganya yang Takut Divaksin, Ganjar Pranowo Minta Penjelasan Langsung dari Ahli Peneliti Terkait Pembuatannya, Dokter: Sebelum Human Trial, Pasti Ada Animal Trial Terlebih Dulu

By Nisrina Khoirunnisa, Selasa, 19 Januari 2021 | 08:40 WIB

Wawancara Ganjar Pranowo dengan dr Yetty, ahli peneliti vaksin Covid-19

Laporan Wartawan Grid.ID, Nisrina KhoirunnisaGrid.ID - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi masyarakat yang tengah ketakutan akan divaksin dengan mengundang ahli terkait.Sebelumnya, Ganjar Pranowo telah mengikuti vaksinasi Covid-19 pada Kamis (14/1/2021).Dilansir dari kanal Youtube Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah itu mengundang ahli peneliti vaksin Covid-19, dr Yetty Movieta Nency untuk menjelaskan terkait pembuatan vaksin Sinovac.

Baca Juga: Masyarakat Takut dengan Vaksin Covid-19, Ganjar Pranowo Undang Ahli untuk Jelaskan Kebenarannya tentang Sinovac, Dokter: Masyarakat Antara Tidak Paham atau Tidak Peduli"Yang pertama adalah animal trial. Semua produk obat maupun vaksin, nomor satu itu human safety, nomor dua baru efikasi. Setinggi apapun efikasinya, kalau keamanannya tidak bagus itu tidak akan dipakai," jelas dr Yetty terkait tahapan pembuatan vaksin.Usai lolos animal trial, tahap selanjutnya adalah clinical trial ke manusia melalui tiga fase yang harus dilewati."Fase satu disuntik vaksin diamati juga, minimal 1 tahun tergantung jenis vaksinnya," imbuh dr Yetty.

Baca Juga: Menanggapi Vaksin Covid-19 yang Sedang Hype, Deddy Corbuzier Ikut Beri Saran Salah Satu Nama Influencer Tanah Air yang Cocok untuk Jadi Role Model dalam Promosi SinovacClinical trial fase pertama biasanya akan diuji ke 20 hingga 60 orang untuk menghindari resiko fatal karena keamanan harus diutamakan."Kalau vaksin Corona, semuanya harus cepat. Karena evaluasi jangka pendek, semuanya aman. Tidak boleh ada serious adverse effect, itu tidak boleh ada subyek yang meninggal atau cacat," lanjutnya.