Find Us On Social Media :

Heboh Suara Dentuman Keras di Bali, BMKG Sebut Bukan Aktivitas Gempa, Hingga Warga Sempat Lihat Benda Bersinar di Langit

By Bella Ayu Kurnia Putri, Senin, 25 Januari 2021 | 09:21 WIB

Pantai Kuta Bali

Laporan Wartawan Grid.ID, Bella Ayu Kurnia Putri

Grid.ID - Warga Bali kemarin sempat dihebohkan dengan suara dentuman keras.

Dikutip dari Tribun Bali, suara dentuman yang cukup keras itu menghebohkan warga Kabupaten Buleleng, Bali, pada Minggu (24/1/2021) sekitar pukul 10.00 WITA.

Bahkan, suara dentuman itu terdengar hingga di beberapa wilayah yang ada di Buleleng, Bali.

Suara itu terdengar di 3 kecamatan yang ada di Kabupaten Buleleng, yaitu Kecamatan Kubutambahan, Kecamatan Buleleng, dan Kecamatan Sukasada.

Baca Juga: Heboh Fenomena Puting Beliung di Wonogiri, Begini Penjelasan BMKG

Kemudian melansir dari Kompas.com, terkait adanya peristiwa tersebut, BMKG segera memeriksa sinyal seismik, khususnya terhadap sinyal seismik dari sensor di wilayah Bali.

Lalu, hasil monitoring BMKG menunjukkan terdapat anomali sinyal seismik yang tercacat pada sensor seismik Singaraja (SRBI) pada pukul 10.27 WITA atau 9.27 WIB.

Rekaman seismik ini kemudian diketahui memiliki durasi sekitar 20 detik.

“Melihat anatomi seismogramnya tampak bahwa sinyal seismik tersebut bukanlah merupakan sinyal gempa bumi tektonik," kata Daryono, Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG dalam keterangan resminya, dikutip Grid.ID dari Kompas.com.

Baca Juga: Majene Diguncang Gempa Susulan hingga 32 Kali, BMKG Minta Masyarakat untuk Meninggalkan Lokasi dan Mengungsi di Tempat yang Lebih Aman

Daryono menambahkan, jika sinyal seismik tersebut dicoba ditentukan magnitudonya menggunakan formulasi penentuan mangnitudo gelombang gempa, akan dihasilkan kekuatan 1,1 magnitudo lokal.