Find Us On Social Media :

Kaldu Jamur Bisa Jadi Pengganti Micin, Ternyata Bikinnya Mudah!

By Ragillita Desyaningrum, Selasa, 26 Januari 2021 | 16:10 WIB

Kaldu jamur telah dijadikan pengganti micin karena dinilai lebih sehat. Selain itu, kaldu jamur juga bisa dibuat di rumah dengan mudah.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita DesyaningrumGrid.IDMicin atau MSG (Monosodium glutamat) memang telah menjadi rahasia umum dibalik masakan yang  enak.Meski demikian, banyak yang beranggapan bahwa micin tidak baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan risiko penyakit-penyakit kronik seperti kanker dan kerusakan pada otak.Karena hal ini, orang-orang banyak beralih ke penyedap rasa lainnya yang dinilai lebih sehat, seperti kaldu jamur.

Baca Juga: Mengenal Kaldu Jamur, si Gurih yang Berkhasiat Jaga Kekebalan TubuhSelain lebih sehat, kaldu jamur juga dinilai mempunyai cita rasa yang tidak kalah enak dengan micin.Seperti yang diwartakan oleh Kompas.com, kaldu jamur mempunya beragam manfaat di antaranya:- Mempunyai sifat imunologis dan anti kanker- Mengurangi kolesterol jahat dan melindungi hati- Mempunyai komponen anti hipertensi, antioksidan, antidiabetik, serta antivirusNamun, manfaat-manfaat tersebut juga bergantung pada jenis jamur yang digunakan sebagai kaldu.

Baca Juga: Rahasia Menghilangkan Rasa Pahit Daun Pepaya, Kuncinya Ada di Teknik MerebusMisalnya pada jamur reishi, jamur ini memiliki efek yang dapat meningkatkan imunitas.Lalu ada jamur chaga yang terkenal sebagai antioksidan yang kuat.