Find Us On Social Media :

Punya Tabungan Dana Darurat Jadi Resolusi, Berikut Cara Wujudkannya

By Fathia Yasmine, Rabu, 27 Januari 2021 | 10:24 WIB

Ilustrasi tabungan dana darurat

Grid.id – Setiap pergantian tahun, orang berlomba-lomba membuat resolusi untuk memotivasi diri. Dorongan untuk membuat resolusi biasanya adalah pengalaman hidup di tahun sebelumnya atau inspirasi dari keluarga dan lingkungan sekitar.

Meski tahun ini tampaknya kehidupan tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, memiliki resolusi dan goals baru juga penting. Dengan begitu, kamu punya pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan di tahun yang baru dan semangat menjalaninya.

Menyesuaikan dengan situasi saat ini, resolusi bisa dibuat untuk mencapai tujuan spesifik yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, memperbaiki sektor finansial pribadi.

Saat ini, menjaga keuangan agar tetap stabil sangat penting. Pengeluaran tak terduga bisa terjadi akibat risiko kesehatan dan finansial yang hadir di masa pandemi. Oleh sebab itu, kamu harus pintar-pintar mengelola uang dan menyiapkan dana darurat sebagai backup plan di masa depan.

 Baca Juga: Demi Permintaan Pacar dan Sensasi Baru Saat Ciuman, Roy Kiyoshi Rela Pelihara Kumis dan Jenggot

Nah, bagi kamu yang masih menyusun resolusi tahun baru, menambahkan goals memiliki dana darurat ada baiknya dilakukan. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mewujudkannya.

Hitung dana yang perlu disisihkan

Menabung dana darurat hanya ketika kamu memiliki uang sisa dari penghasilan bulanan ternyata keliru lho. Dikutip dari laman Forbes (29/9/2020), setidaknya ada beberapa aturan umum dalam menabung dana darurat.

Aturan tersebut di antaranya, menyimpan dana setara pengeluaran rutin dengan waktu pengumpulan selama tiga hingga enam bulan. Jika sudah berkeluarga dan memiliki dua sumber pendapatan, pertimbangkan untuk menyimpan dana darurat setara dengan pengeluaran tiga bulan.

Meski begitu, aturan ini tidaklah baku, kamu bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang sedang dihadapi. Jika kamu berada di situasi terancam kehilangan usaha atau pekerjaan, maka dana darurat yang perlu dimiliki tentu akan lebih besar.

 Baca Juga: Sempat Benci dan Hindari Vicky Prasetyo, Ini Alasan Kalina Ocktaranny Bisa Luluh

Membuat rencana pengeluaran