Find Us On Social Media :

Kenali Gejala dan Penyebab Sleepwalking, Gangguan Tidur Sambil Jalan

By Ragillita Desyaningrum, Jumat, 29 Januari 2021 | 14:57 WIB

Ilustrasi sleepwalking

 

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Beberapa dari kamu pasti sudah tidak asing dengan fenomena tidur sambil berjalan yang kerap ditampilkan di film ataupun kartun.

Fenomena ini ternyata memang ada di dunia nyata dan dikenal dengan istilah medis somnambulisme,

Melansir dari Mayo Clinic, fenomena ini biasanya terjadi pada anak-anak dan akan berhenti dengan sendirinya ketika memasuki usia remaja.

Baca Juga: Ifan 'Seventeen' Beberkan Persamaan Pengalaman Rumah Tangga dengan Citra Monica, Hadapi Perceraian hingga Pasangan Meninggal Dunia

Namun fenomena ini juga dapat terjadi pada orang dewasa disertai dengan gangguan tidur lainnya.

Menurut spesialis tidur, Nancy Foldvary-Schaefer, DO, MS, yang dikutip dari Kompas.com, beberapa sleepwalker mungkin hanya akan duduk di tempat tidur dan menggerakkan kaki seperti sedang berjalan.

Namun, pada beberapa sleepwalker lainnya, mereka benar-benar bangun dan melakukan berbagai aktivitas seperti berpakaian, makan, bahkan mengemudi.

 Baca Juga: Cuma Leyeh-Leyeh di Atas Kursi Pakai Sandal Jepit, Pose Pevita Pearce Ini Langsung Dapat Pujian Selangit dari Netizen: Terpesona Aku Terpesona

Biasanya fenomena ini berlangsung setelah satu atau dua jam setelah seseorang tidur nyenyak dan bisa berlangsung satu hingga tiga puluh menit.

Masih belum jelas penyebab sleepwalking, namun beberapa ahli meyakini hal ini dikarenakan otak mengalami kesulitan mengatur siklus tidur dan bangun.

Namun ketika sleepwalking berlangsung dari kecil hingga dewasa, mungkin ada pemicu yang mendasarinya.