Find Us On Social Media :

Minum Minyak Kayu Putih Dapat Menyembuhkan Covid-19, Benarkah?

By Ragillita Desyaningrum, Sabtu, 30 Januari 2021 | 19:09 WIB

Benarkah minyak kayu putih dapat menyembuhkan pasien Covid-19?

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Di tengah naiknya kasus positif Covid-19 di Indonesia, kembali beredar kabar tentang minyak kayu putih yang dapat menyembuhkan pasien Covid-19.

Tidak tanggung-tanggung, pasien Covid-19 diminta untuk meminum minyak kayu putih dengan mencampurkannya dengan teh hangat atau air hangat.

Lantas, benarkah melakukan cara ini bisa menyembuhkan pasien Covid-19?

Dikutip dari Kompas.com, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, mengatakan eucalyptus pada minyak kayu putih memang memiliki sejumlah zat aktif yang bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur.

Baca Juga: Waspada! Ternyata 5 Tempat ini Paling Rawan Terjadi Penularan Covid-19

"Memang pernah ada penelitian eucalyptus efektif untuk membunuh virus betacorona, tetapi bukan virusnya Covid-19, SARS-CoV-2," kata dr Inggrid kepada Kompas.com.

Dr Inggrit juga menjelaskan bahwa virus corona SARS-CoV-2 memang termasuk dalam virus betacorona, namun ini termasuk betacorona yang lebih baru dan khusus.

Adapun penelitian yang dilakukan bersifat in vitro dan belum ada penelitian lanjutannya.

Selain itu, dari laman resmi Universitas Gadjah Mada via Kompas.com, Dosen Fakultas Kehutanan UGM, Rini Pujiarti, Ph.D., mengungkapkan klaim bahwa eucalyptus dapat membunuh virus Corona tidak bisa sepenuhnya dipercaya.

Baca Juga: Terpapar Covid-19? Begini Tips Agar Cepat Pulih saat Menjalani Perawatan di Rumah!

Menurut Rini, meskipun tanaman eucalyptus memiliki potensi sebagai antivirus, belum ada pembuktian klinis untuk validasinya sebagai obat Covid-19.