Find Us On Social Media :

Terlalu Banyak Tidur Tidaklah Bagus, Justru Menyebabkan Depresi hingga Diabetes Loh

By Devi Agustiana, Senin, 8 Februari 2021 | 20:00 WIB

Stop tidur terlalu lama mulai sekarang, bahayanya bisa depresi sampai diabetes

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi AgustianaGrid.IDTidur lebih awal dan tidur siang memang menunjukkan banyak manfaat kesehatan.Akan tetapi, nyatanya ada juga beberapa kerugian jika terlalu banyak tidur, loh.Dilansir Grid.ID dari The Healthy, inilah 9 bahaya apabila terlalu lama tidur.

Baca Juga: Kenali Gejala dan Penyebab Sleepwalking, Gangguan Tidur Sambil Jalan1. Meningkatkan risiko penyakit jantung dan strokeSemakin banyak penelitian yang mengaitkan jam tidur yang lebih lama dengan hasil kesehatan yang negatif, meskipun penelitian semacam itu tidak dapat membuktikan bahwa tidur adalah penyebab masalah kesehatan atau hanya terkait dengannya."Tidur berlebihan tidak berbahaya dengan sendirinya, tetapi itu adalah tanda bahwa Anda mungkin tidur tidak efektif atau ada masalah lain yang membutuhkan lebih banyak tidur," kata Carl Bazil, MD, PhD, direktur divisi epilepsi dan tidur dari departemen neurologi di New York Presbyterian, Columbia University Medical Center, New York.Satu studi di jurnal Neurology pada 2015 menunjukkan peluang 46 persen lebih besar terkena stroke pada orang yang tidur lama (didefinisikan sebagai tidur lebih dari 8 jam), bahkan setelah disesuaikan dengan faktor risiko lainnya.

Baca Juga: Mager Bangun Pagi Jadi Kebiasaan? Coba Atasi dengan 6 Hal Sederhana Ini2. Tidak bisa tidur nyenyakBisa jadi kamu sebenarnya tidak mendapatkan istirahat yang baik, meskipun banyak tidur."Mereka dengan sleep apnea yang tidak diobati (masalah pernapasan gangguan tidur) memiliki kecenderungan untuk tidur berlebihan, dan kami tahu bahwa sleep apnea yang tidak terdiagnosis dan tidak diobati menyebabkan penyakit jantung dan stroke," kata Michael J. Breus, PhD, psikolog klinis yang dikenal sebagai The Sleep Doctor.