Find Us On Social Media :

Harus Lewati Banjir, Berikut Trik Aman supaya Motor Enggak Mogok

By Nana Triana, Jumat, 19 Februari 2021 | 15:10 WIB

ilustrasi seorang pengendara motor menerjang genangan air.

Grid.ID – Sepeda motor kini menjadi kendaraan penunjang aktivitas sehari-hari yang jamak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Enggak hanya oleh kaum laki-laki tetapi juga perempuan.

Bodinya ringkas sehingga sepeda motor mudah diajak selap-selip di tengah kondisi lalu lintas yang padat. Waktu tempuh dari satu tempat ke tempat lain pun menjadi lebih efisien.

Namun, ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi saat berkendara dengan motor, terutama di musim hujan. Selain hujan yang datang tidak terduga di tengah perjalanan sehingga membuat basah kuyup, pengendara juga berisiko terjatuh karena permukaan jalan yang licin.

Tak hanya itu, hujan yang turun dengan intensitas tinggi dan dalam waktu lama biasanya menimbulkan genangan air hingga banjir. Untuk mencapai tempat yang dituju, terkadang pengendara mau tidak mau menerjangnya. 

Baca Juga: Ramalan Ari Lasso Terbukti, Nasib Femila Sinukaban Harus Terhenti dari Indonesian Idol di Babak Ini

Di tengah upaya kamu melalui genangan, motor bisa saja mati. Perlu diketahui, matinya motor disebut dengan istilah water hammer. Mesin mati mendadak karena air masuk ke dalam ruang bakar. Nah, situasi ini seringkali membuat kamu panik.

Selain itu, jika kamu sering melalui genangan air dan mengalami water hammer, komponen mesin motor bisa menjadi bengkok. Biaya perbaikannya cukup mahal.

Untuk itu, kamu yang kerap bepergian menggunakan sepeda motor perlu mengetahui trik aman untuk menerobos genangan air. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut yang bisa kamu lakukan.

1. Perhatikan ketinggian filter udara

Rider cewek juga tetap harus mengenali motor yang dikendarainya supaya selalu siap dalam keadaan apapun. Kamu bisa mulai dengan mempelajari beberapa komponen yang terdapat pada sepeda motor. Salah satu yang paling penting untuk diketahui di musim hujan adalah filter udara.

Baca Juga: Bucin Bukan Kepalang Sebagai Pengantin Baru, Caesar Hito Tak Keberatan Lihat Perawakan Felicya Angelista Berubah 180 Derajat

Pada motor skutik filter udara biasanya terdapat dibagian belakang di atas CVT. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran atau debu yang akan masuk ke mesin atau ruang bakar. Komponen ini penting karena untuk mendapatkan pembakaran yang sempurna mesin membutuhkan udara.