Find Us On Social Media :

Belum Merata, Akses Pengobatan Pasien Kanker Payudara HER-2 Positif Diharapkan Lebih Komprehensif dan Terjangkau untuk Stadium Dini

By Ragillita Desyaningrum, Sabtu, 20 Februari 2021 | 11:21 WIB

Penderita kanker payudara HER2-positif berharap adanya akses pengobatan yang merata pada pasien stadium dini dengan stadium lanjut.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDKanker payudara adalah kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data dari WHO tahun 2020, terdapat 65.858 kasus kanker payudara yang setara dengan 16,6 persen dari total 396.914 kasus kanker di Indonesia.

Sementara itu, menurut data Kemenkes RI, kanker payudara juga merupakan jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di Indonesia.

Baca Juga: Ini Efek Samping Minum Pil KB, Payudara Nyeri Hingga Berat Badan Naik!

Sedangkan 1 dari 5 pasien kanker payudara di Indonesia menderita kanker payudara jenis HER2-positif (Human Epidermal Growth Factor Receptor).

Menurut salah satu ahli bedah Onkologi, dr. Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk., M.Epid., MARS, menjelaskan bahwa jenis kanker payudara HER2-positif merupakan salah satu jenis kanker yang agresif.

Meski demikian, dr. Sonar menyebutkan bahwa penanganan yang optimal pada stadium dini kanker payudara HER2-positif dapat menurunkan risiko kekambuhan atau kematian dibandingkan dengan pasien yang hanya mendapat kemoterapi saja.

Baca Juga: Mengenal Kanker Payudara HER2-Positif, Salah Satu Jenis Kanker Payudara yang Agresif

“Tujuan pengobatan kanker payudara pada stadium dini tidak hanya untuk mengontrol penyakit tetapi juga kuratif atau mencapai kesembuhan, sehingga pasien dapat kembali menjalani kehidupannya secara produktif,” ujar dr. Sonar dalam acara edukasi media virtual bertajuk Akses Penanganan Kanker Payudara HER2+ Stadium Dini: Tantangan dan Harapan yang dihadiri oleh Grid.ID pada Jumat (19/02/2021).

Acara yang dilakukan secara virtual melalui media Zoom ini diselenggarakan oleh Cancer Information and Support Center (CISC) dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia tanggal 4 Februari.

Nah, untuk mendapatkan penanganan yang optimal, pasien kanker payudara jenis HER2-positif perlu mendapatkan terapi target dengan trastuzumab dan kemoterapi.