Find Us On Social Media :

Jangan Kurang Tidur Apalagi sampai Begadang Sebelum Vaksinasi Covid-19, Ahli Jelaskan Risikonya

By Devi Agustiana, Selasa, 2 Maret 2021 | 21:00 WIB

Ada berbagai hal yang perlu dipersiapkan sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19, di antaranya adalah tidur yang cukup.

Laporan Wartawan Grid.ID, Devi Agustiana

Grid.ID – Satu tahun lebih pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia.

Kita masih bahu-membahu menangani kondisi darurat ini.

Mengutip laman Tribunnews.com, bahkan, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono, mengonfirmasi mutasi virus corona dari Inggris atau B.1.1.7 sudah masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Mengenal Long Covid yang Sempat Dialami Uya Kuya Usai Dinyatakan Negatif Corona, Dokter: 21 Persen Pasien yang Sembuh Mengalaminya

Dante mengatakan, sudah ditemukan dua kasus Covid-19 dengan mutasi virus corona tipe B.1.1.7 tersebut.

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia, ini fresh from the oven baru tadi malam ditemukan dua kasus," kata Dante, Selasa (2/3/2021).

Sebagai penanganan yang disegerakan, tercatat, kurang lebihnya 61 produk inovasi karya anak bangsa dalam upaya mengatasi Covid-19.

Baca Juga: Tiga Kali Tes Lab, Putri Anang Hermansyah, Arsy Dinyatakan Negatif Covid-19

Satu di antaranya adalah vaksin merah putih.

Vaksin merah putih adalah vaksin yang dikembangkan berbasis virus corona atau Covid-19 yang beredar di Indonesia, oleh beberapa pusat penelitian di Lembaga Eijkman, ITB, UI, Unair, dan sebagainya.

Rencananya, bibit vaksin akan diserahkan ke Bio Farma pada akhir Maret, setelah melewati tahapan di lab yang hampir 100 persen.