Find Us On Social Media :

Penuhi Gizi Harian Keluarga Hanya Bermodal Resep Nasi Goreng, Bisakah?

By Fathia Yasmine, Kamis, 4 Maret 2021 | 18:48 WIB

Nasi goreng

Grid.id – Siapa yang tidak kenal hidangan nasi goreng? Sudah bukan rahasia lagi bahwa nasi goreng merupakan hidangan khas Indonesia yang sederhana tetapi kenikmatannya enggak perlu diperdebatkan lagi.

Dengan bermodalkan bumbu-bumbu sederhana kamu sudah bisa membuat nasi goreng yang disukai anggota keluargamu. Kesederhanaan nasi goreng membuat banyak ibu menjadikannya hidangan andalan sehari-hari selama seluruh keluarga beraktivitas di rumah.

Ketika kehilangan ide hidangan untuk sarapan atau makan malam dan melihat sisa nasi di meja, nasi goreng selalu menjadi menu pilihan. 

Meski nasi goreng tergolong mudah untuk dibuat dan bisa dijadikan menu andalan sehari-hari, pemilihan bahan-bahan pelengkapnya juga perlu diperhatikan, lho. Walaupun nasi goreng tanpa lauk sudah mengenyangkan, kandungan nutrisinya masih kurang untuk memenuhi asupan nutrisi sehari-hari.

Baca Juga: Dikabarkan Mengetahui Kisah Perselingkuhan Ayus Sabyan dan Nissa Sabyan, Iis Dahlia: Itu Berita Bohong

Artikel berjudul Healthy Eating Plate dari laman Harvard T.H Chan School of Public Health menyebut, orang dewasa sebenarnya hanya perlu mengonsumsi seperempat piring makan, sama seperti porsi sumber protein seperti telur dan daging. Sementara, sayuran dan buah sebaiknya dikonsumsi dengan porsi setengah piring makan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral.

Anak-anak sebaiknya juga tidak hanya mengonsumsi nasi dengan lauk daging atau telur yang biasanya jadi isian nasi goreng. Untuk memenuhi kebutuhan harian, sayuran, buah, serta olahan kacang-kacangan direkomendasikan untuk diperbanyak.

Sumber ini juga menyebut, melalui pola konsumsi yang pas dan asupan nutrisi yang seimbang, orang dewasa maupun anak-anak bisa memiliki sistem imun tubuh yang baik dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

Nah, supaya nasi goreng yang kamu buat untuk keluarga lebih berisi dan kaya nutrisi, tambahkan berbagai sayuran yang baik untuk kesehatan. Tidak perlu bingung seperti apa jadinya nasi goreng yang kamu masak. Ikuti resep nasi goreng dari Sajiku dan Dapur Umami yang bisa dicoba di rumah berikut.

 Baca Juga: Bertahta Sebagai Nyonya Wali Kota Surakarta, Intip Cantiknya Selvi Ananda Saat Hadiri Rapat Perdana dalam Balutan Kebaya Biru nan Anggun

Nasi Goreng Sayur Kaya Serat  (30 menit pengerjaan untuk dua porsi)