Find Us On Social Media :

Dapat Obati Rasa Sakit Hati karena Patah Hati, Amankah Paracetamol Digunakan untuk Menyembuhkan Luka Emosional pada Manusia?

By Ragillita Desyaningrum, Kamis, 11 Maret 2021 | 18:21 WIB

Rasa sakit hati secara emosional ternyata bisa diatasi dengan paracetamol. Paracetamol sendiri merupakan obat yang biasa digunakan untuk menurunkan panas dan meredakan nyeri.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.IDParacetamol atau acetaminophen telah dikenal sebagai obat penurun panas dan pereda nyeri untuk semua usia.

Tapi berdasarkan sebuah studi, paracetamol ternyata juga bisa meredakan sakit hati secara emosional.

Melansir Marie Claire, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmu saraf dari University of California menemukan bahwa rasa sakit emosional ternyata diproses di area otak yang sama dengan rasa sakit fisik.

Baca Juga: 5 Tips Cepat Move On dari Mantan dan Sembuhkan Rasa Sakit Hati Pasca Putus Cinta

Para peneliti pun menemukan bahwa rasa sakit hati secara emosional dapat berkurang pada orang-orang yang mengonsumsi 1000 mg paracetamol selama tiga minggu dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi apapun.

Meski begitu, asisten profesor psikologi sosial di University of Colombia, Dr. Naomi Eisenberger, mengingatkan bahwa rasa sakit hati secara emosional adalah hal yang wajar.

Apalagi jika hal itu dikarenakan putus cinta atau ditolak oleh seseorang yang kita sukai.

Baca Juga: Ini Dia 5 Langkah Sehat Atasi Rasa Sakit Hati Kamu Saat Putus, Wajib Coba!

“Rasa sakit secara emosional adalah respons wajar yang mengajarkan kita untuk tidak mengulangi perilaku yang membuat kita sakit hati,” ujar Dr Eisenberger.