Find Us On Social Media :

Waduh! Ikan Lele Kesukaan Masyarakat Indonesia Ternyata Dapat Meningkatkan Risiko Serangan Jantung, Kok Bisa?

By Ragillita Desyaningrum, Rabu, 17 Maret 2021 | 17:24 WIB

Ikan lele adalah salah satu ikan yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia karena harganya yang murah dan rasanya yang lezat. Meski begitu, ikan lele dapat menyebabkan beberapa bahaya untuk kesehatan.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Salah satu ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia adalah ikan lele.

Harganya yang murah serta cita rasanya yang lezat menjadi alasan di balik kecintaan masyarakat Indonesia terhadap ikan lele.

Selain itu, ikan lele juga mudah dijangkau semua kalangan karena kita bisa menjumpai ikan lele sebagai menu andalan di warung pinggir jalan hingga restoran bintang lima.

Baca Juga: Ingin Masak Ikan Lele Tapi Susah Hilangkan Lendirnya? Ini Dia Rahasia Pedagang Pecel Lele Gunakan Bahan Dapur Ini untuk Hilangkan Lendir Ikan Lele

Melansir Nakita.id, sama halnya dengan jenis ikan lainnya, ikan lele juga tinggi akan kandungan omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak.

Tidak hanya itu, ikan lele juga mengandung protein, vitamin B12, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tubuh.

Meski begitu, asam lemak omega 6 pada lele tidak selamanya baik untuk tubuh karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Jangan Mau Beli Ikan Lele dengan Ciri-ciri Ini! Akibatnya Bikin Geleng-geleng Kepala

"Peradangan adalah penyebab utama penyakit kardiovaskular, kanker jenis tertentu, dan diabetes," jelas seorang praktisi medis, Dr Arikawe Adeolu yang dilansir dari Vanguard via TribunPontianak.co.id.

Sebenarnya, asam lemak omega 3 pada ikan lele dapat menurunkan risiko ini dengan melindungi jantung dan sistem kardiovaskular dari penyakit.

Namun sayangnya, kandungan asam lemak omega 6 dalam ikan lele lebih besar dibandingkan dengan asam lemak omega 3.