Find Us On Social Media :

Hasrat untuk Belanja Online yang Tidak Tertahankan Bikin Saldo Menipis, Begini Cara Mengendalikannya

By Ragillita Desyaningrum, Minggu, 21 Maret 2021 | 15:30 WIB

Pandemi membuat kita cenderung melakukan belanja online, mulai dari kebutuhan pokok sampai kebutuhan sekunder. Jika hasrat untuk berbelanja semakin kuat, praktikkan tips ini untuk mengontrolnya.

Laporan Wartawan Grid.ID, Ragillita Desyaningrum

Grid.ID – Jika kamu merasa bahwa selama masa pandemi ini kamu cenderung boros dalam melakukan belanja online, maka kamu tidak sendiri.

Menurut data dari Bank Indonesia yang dikutip dari Kontan.co.id, pada bulan September 2020, total nilai transaksi di 4 e-commerce besar di Indonesia adalah sebesar Rp 22,05 triliun.

Angka ini meningkat sekitar 0,44 persen mom (month of month) dari total transaksi pada Agustus 2020 yang sebesar Rp 21.95 triliun.

Baca Juga: Cermat Atur Uang di Tengah Pandemi, Nina Zatulini: Harus Tahu Mana Kebutuhan Mana Nafsu Sesaat

Lalu, jika dibandingkan dengan September 2019 yang total nilai transasksinya yang sebesar Rp 19,46 triliun, nilai ini naik 13,3 persen yoy (year of year).

Adapun menurut data yang dihimpun Grid.ID, barang-barang yang paling banyak dibeli selama masa karantina ini adalah kebutuhan pokok, produk kesehatan, perlengkapan olahraga, personal care dan kosmetik.

Bahkan, total transaksi untuk kebutuhan olahraga hampir mencapai Rp 80 juta, berdasarkan data yang diungkapkan Deputi Gubernur BI.

Baca Juga: Doyan Belanja Sampai Tak Ingat Isi Tabungan, Nia Ramadhani Mengaku Kebingungan Gegara Kartu Debitnya Minus Saat Shopping di Amerika

Di luar imbauan untuk berada di rumah, kebiasaan belanja online yang meningkat ini didasari karena rasa bosan dan kecemasan selama karantina.

Sebagian orang mengangap bahwa kegiatan belanja ini dapat memberi kesenangan, padahal ada dampaknya jika tidak bijak mengelola dana.

Apalagi, kondisi ekonomi saat ini masih belum jelas dan butuh waktu yang lama supaya perekonomian kembali normal.