Find Us On Social Media :

Tak Lagi Buang Kotoran ke Sungai, Puluhan Warga Desa Pucungrejo Terima Bantuan Jamban Layak Pakai

By None, Selasa, 23 Maret 2021 | 17:52 WIB

(Dari kiri ke kanan ) Ketua Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (pertama dari kanan), Koordinator Regional USAID-IUWASH PLUS Jefry Budiman, Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat Semali Asri Fahrudin, jajaran pimpinan Bappeda Kab. Magelang, Kapolsek Muntilan menuangkan cor sebagai penanda dimulainya pembangunan jamban layak keluarga di Desa Pucungrejo, Muntilan, Kab Magelang, Selasa (23/3/2021).

Grid.ID - Warga Desa Pucungrejo, Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, akhirnya bisa memiliki jamban layak pakai.

Sebelumnya, warga terbiasa memanfaatkan sungai sebagai tempat sanitasi akibat tak mampu memiliki jamban layak pakai.

Sebanyak 40 keluarga di Desa Pucungrejo pun kini menjadi penerima bantuan berupa jamban layak pakai sendiri yang akan dibangun dalam waktu dekat.

Nantinya, akan dibangun jamban tertutup dengan kloset leher angsa berikut septik tank kedap air.

Program ini merupakan hasil kerja sama Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (DKK), USAID-IUWASH PLUS, dan Kelompok Swadaya Masyarakat Semali Asri di bawah pendampingan Pemerintah Kabupaten Magelang.

Kepala Desa Pucungrejo Mukh Ma’ruf bersyukur Program Kemitraan Bina Lingkungan untuk Pembangunan Sanitasi Aman Keluarga bisa dijalankan di desanya.

“Saat ini masih ada warga Pucungrejo yang masih membuang kotoran ke sungai. Kami terus mengimbau warga, mulai di rapat RT, RW, sampai desa, agar mengubah kebiasaan itu,” ujar Ma’ruf.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Ini Jadi Penyebab Demam Tifoid alias Tipes